Perkembangan Bayi ku Umur Tiga Belas - Tujuh Belas Bulan (1 tahun - 1,5 tahun)

Jenis KelaminWanita
Usia Anak15 Bulan
Tinggi badan optimal 
Rentang
(79- 82cm) Cm
Berat badan optimal 
Range
(11.4 - 12.9kg) Kg
Kadang, kalau saya lagi duduk santai sambil lihatin Anaku lagi main atau nonton, kadang mikir, kok waktu cepet banget ya berjalan ? Sekarang dia udah lincah banget, main kesana kesini, lari lari, teriak teriak, dan tepat tanggal 30 Agustus 2018 itu pertama kalinya Qeena manggil saya "Mama"... Aduhhhm,,,, hati ibu mana yang ga lelehhh, beneer ternyata kata ibu saya, ibu pernah cerita katanya momen yang paling bahagia itu selain dia menyusui sambil merintil anting/kuping/kancing baju kita, yaitu juga ketika dia memanggil kamu sebutan mama untuk pertama kali.. Hahh,,, mewek abis saya siang itu.. Jadi ceritanya saya baru pulang dari kantor, lalu saya keatas mau ganti baju, eh dia teriak ga mau ditinggal katanya " Mam maaa, mam maaaa, mam maaa,," Haaaa, detik itu juga saya meleleh mau nangis hahaha...

 
 
 
 
 
Lalu selanjutnya, usia 17 Bulan, Qeena udah tumbuh banyak gigi, taring sudah keluar, graham atas dan bawah juga sudah tumbuh, jadi semakin tegas saya untuk harus sikat gigi walapun dia nya kadang suka marah klo sikat gigi,, tapi kan ini untuk kebaikan mu nak !!! Mau apa ompong ? hahah...
 
Sekarang kalau ga suka dia bakal bilang "No.. No,, No,,",, kalau dia suka dia teriak teriak mau barang tsb, haduhh pokoknya udah besar lah ya hahaha.. Lalu cara saya mendidik anak saya berbeda,  Saya berbicara dengan Qeena dengan bahasa inggris. English as Bahasa ibu for me and Qeena, whereas Bahasa Indonesia as Daily Language for her with her family. The aims are to practicing both for me and for Qeena also i preparing her skills from now. In 2018, all job requirements shall have at least 450 Above for Toefl Score, can you imagine in our kids's era ? Let's say in 2030,,, i believe that everyone speaks english fluently..
 
Dan dia sudah mengerti bahasa inggris, misal saya main kelitik kelitik atau ciluk baa yang buat dia tertawa terpingkal pingkal, terus nanti dia minta dikelitikin lagi  dia bilang "Moreee, sambil telunjuknya naik satu", maksutnya artinya one moreee alias nambah lagi dong maaahhh, kelitikin lagi dong mahh hahahha.... terus banyak juga perintah bahasa inggris yang dia mengerti, misal saya suruh kekamar nenek, suruh masuk kedalam dll, dia dengan mudahnya ngikutin,,, semoga seterusnya yah Nak...

 
 
 
 
 
Terus seumur umur (1-1,5 tahun) ini dia sudah 2x imunisasi, yaitu diumur setahun (Imunisasi PCV dgn pilihan prevenar Rp.850.000 dan 17 bulan kemarin imunisasi MR (Rp. 150.000) di RS. Bunda Palembang. Terakhir nimbang beratnya 11,6 Kg, dan ini masuk katagori ideal, tapi saya udah ga sanggup lagi gendong si bayi berat amat hahaha...
 
Kalau soal makan sekarang sudah puree kayak orang tua, tapi saya masak terpisah karna hanya pakai Garam saja dan hampir tiap hari saya selalu masak masakan berkuah dengan minyak Olive oil karena agar si anak lebih mudah menelan, dan selalu ada Protein hew, Pro Nab dan sayur yang tidak pernah tinggal. Dan sekarang saya selalu kasih finger food kayak jamur/kentang/tahu/tempe goreng dipotong panjang agar bisa ditaruh ditangan sambil saya suapin nasi


 
Sudah bisa apa aja ?

Yang pasti sudah bisa lari lari, kalau suka atau tidak suka sudah bisa di ekspresikan, sudah bisa manggil mama, atau No no kalau dia tidak suka, dan kalau kita ngomong dia sudah bisa mengikuti nya, Sudah bisa mengucapkan lebih banyak kata atau kalimat meskipun belum terlalu jelas, Membungkuk untuk memungut mainan kemudian berdiri kembali, Bisa memegang sendok sendiri dan belajar makan sendiri, Bisa duduk dikursi sendiri, Mulai mengenal anggota keluarga.

Okay, demekian certia mama nya Qeena tentang pertumbuhan baby Q selama 5 bulan terakhir, semoga Q sehat selalu dan jadi anak ceria dan membanggakan.. Aaamiinn




Pekan Raya Jakarta 2018 - Jiexpo Kemayoran

Sabtu kemarin, saya berkesempatan datang ke Pekan Raya Jakarta , disana tiketnya, Senin Rp. 25.000, Selasa –Kamis Rp. 30.000 , Jumat dan weekend hanya 35.000 rupiah, dan anak dengan tinggi tertentu bayar,, 

Jadi sistemnya, begitu masuk dia tuh terbagi menjadi berbagai macam HALL (Ruangan)


- Hall A = Furniture - Spring Bed - Lighting Fixtures - Interior – Carpet

- Hall BI B2 = Automotive

- Hall B3 C3 = Goverment, Handicraft, Stationary, Multi Product, Sport & Health, Fashion, Batik, Service, Accessories, Cosmetic Medicine, Electronic & Home Appliances, Others

- Hall D = Sport, Health, Bicycle, Cosmeticm Optic, Herbal, Medicine, Packed Food & Drink, Toiletry, Telecommunication, Banking, Stationary, Photo, Electonic, Property, Home Appliances

- Hall E, Selasar, Food Beverage D,E  = FoodCourt

- Hall C1 C2 = Pavilion Province - Jakarta Capital City - Computer

Jangan lupa begitu masuk, ditiap pintu Hall ada peta, jadi mudah kan untuk kita tau mau kemana, lalu jangan lupa tukarkan tiket kalian dengan Foodstall disana yang suka kasih diskon, misal Rp.15.000 dapet 3 sosis dan 1 sosro, kan lumayan cuy hehe..







Begitu masuk dari Pintu Karcis, saya langsung disambut dengan WISATA KULINER BALI. DIsana terdapat berbagai macam Food Stall, mulai dari Makanan Bali, Padang, Ice kekinian dll sebagainya. Saya fikir disini khusus Masakan Bali, eh rupanya hanya namanya doang Kuliner Bali.

 Begitu masuk saya langsung disambut dengan berbagai macam keperluan rumah tangga, mulai dari Springbed, bantal, furniture dll. Dan sepertinya disini penuh dengan diskon, ingin rasanya membeli bantal Tempur yang lembut dan mahal itu (lagi diskon), namun mengingat saya akan pulang ke Palembang rasanya agak kurang bijak belanja bantal hehe.. 

by semarmoto



 Selanjutnya setelah puas cuci mata, saya lanjut ke Hall B1,B2 dimana tempat Automotive berada (Denah ada diatas), dikarenakan saya bukan pecinta Automotive, kita cuman lewat doang.







  Lalu ini hall favorite saya, yaitu Hall B3 C3 = Goverment, Handicraft, Stationary, Multi Product, Sport & Health, Fashion, Batik, Service, Accessories, Cosmetic Medicine, Electronic & Home Appliances, Others. Disini banyak banget kosmetik diskon dan baju anak anak inceran mama Qeena, disini Qeena seneng banget ketemu badut Mac Bear, adohhh dia mau nyentuh2 tuh Mac Bear, dia mau main, ni anak, hahahahah.. Akhirnya kita paksa angkut nih Bayi, kalau ga kacau deh ceritanya hehe..






 Terus disini kita beli mainan Kitchen Set gitu untuk Qeena, karna dia suka banget main lempar2 piring2an dirumah, yaudah jadi kita inisiatif beli tuh kitchen set, hehe.. Lalu setelah selesai tidak terasa sudah malam, saat nya makan !!!! Kita mampir ke Wisata Pasar Malam, disana banyak sekali food stall mulai dari bakso,mie,sate,nasi uduk dll. Nah saya pengen bgt coba Mie Tumis dan papa Qeena coba Nasi Uduk Jengkol yang rame banget. Sayangnya saya kemarin fokus buat Vlog, sehingga lebih banyak Video dari pada Foto foto kita..









Overall, kalian harus banget kesini, disini tersedia tempat solat dengan fasilitas lumayan, lalu ada nursery room tapi sayang cuman petak doang dan hanya tempat duduk, ga ada tempat untuk bersih2 poop tapi cukup kok. lalu disini Food stall nya banyakkkk banget, banyak penjual kerak telor, rameee banget, lalu disini juga full AC jadi bakal nyaman, dan bahkan ada konser gituum buat pencinta Korea disini ada Booth besar khusus Koreaa, keren dehh... Kalau keJakarta jangan lupa mampir ke PRJ nya ya

OJJU Indonesia - Korean Food

Makan disini sebenarnya tidak sengaja, sebelumnya saya pernah denger tentang restaurant ini, tapi bukanlah most visited buat saya, namun melihat antriannya yang begitu panjang, dan rame nya pengunjung disore itu, membuat saya dan suami jadi penasaran.. Apaan sih ini ? hehehe...

Akhirnya kami mampir kesini dan menoleh ke kanan kiri kok semua kebanyakan pesen ayam yang dibalut balut keju ya ? Tapi karena ini nuansa mau bukber, kayaknya kalau makan ayam gitu doang ga kenyang haha.. Akhirnya kita putuskan untuk makan yang BUDAE JJIGAE !. Suki ala Korea, dibagi menjadi 3, ada yang daging, ayam, Seafood dan sayur, kami pun memutuskan untuk memilih daging hehe..



Kita pilih yang Beef diharga Rp. 169.000, eitss tapi ini banyak banget bisa ber empat, tapi entah kenapa kita berdua mampu menghabiskan hahahahah, yaiyalah buka puasa kkwkwkwkw, tapi biasanya kalau buka puasa sih makan dikit aja sudah kenyang, tapi mungkin karena pas Buka kita dikasih Side dish yang terdiri dari Kimchi, Ubi, Cream Corn, Macaronni Salad (Jadi ni perut bisa makan banyak karena kita buka degna side dish terlebih dahulu, sehingga ni perut ga kaget) , Yalllah enak banget sumpah empat empatnya enakkkkkkkkkkkk !!!! Hahahaha...


Tapi jangan salah, harga diatas itu belum termasuk ramen dan telur (-_-) jadi saya nambah lagi ramen dan telur, dan pertama kali lihat  BUDAE nya kayaknya ga enak, eh tapi tapi tapi setelah diaduk aduk sama mas nya, baru keliatan sausnya merah merah. Dan pas kita coba, owalah SUPER ENAK !!!
Kuah nya Asin Pedes pas sekali, tidak terlalu asin, tidak juga terlalu pedas, Sayur sayurnya enak ada lobak dan sepertinya ada Tteokbokki (Oh ternyata begitu ya rasanya Tteokbokki itu hehehe), dagingnya menurut ku kurang banyak, terlalu banyak sosis deh. Terus saya nambah Ramen seharga 22 ribu doang itu agak nyesek, karena si ramen datang dengan tampak yang kurang menggugat selera (Kayak mi instan ramyon itu bentuknya sist huft)... Tapi Overall Enak banget kooo !!!





Mau pesen ini juga, tapi dirasa rasa pasti tak kan habis, karena BUDAE JJIGAE itu pun porsi besar ! Tapi pas noleh kanan kiri kokkkk pada pesen ini semua sihh,,, jadi nyesel pesen Budae, tapi kan ini untuk buka puasa, masa iya makan yang cimik cimik (Kata Laki kwkwk, cimik cimik tuh kecil kecil main main) hahaha...





Sebenarnya kita bisa ko pesen ala carte (Satu satu), misal mau ayam doang, campur daging, telur, ramen, lobak dll, tadinya saya mau milih ini, karena tidak semua yang dipaket 169 ribu itu saya suka. Tapi kata suami langsung pesen paket 169 aja dari pada ribet.. Tapi kalau kalian cuman pengen icip icip danpgn pesen rolling cheese chichken itu bisa la ala carte,,

 Foto by Laurentia Dewi
 

Harus kudu banget pesen Dessert yang ini, super enakkkkkkkkkkkkk !!!! Jadi begitu keluar dia kayak ice cream oksigen gitu yang ada asep asepnya,,, kita coba yang Chocolate Bingsoo, ah elaaa dipikiran saya saat itu pasti cuman sekedar es biasa, eh rupanya dia enak banget ga ngerti lagi kok bisa enak gitu hahaha.. 







Photo by Anak jajan


In Conclusion, semua enak, harganya juga sesuai dengan variasi makannya, tempatnya oke walaupun agak sempit, waittersnya ramah dan helpfull, variasi makannya banyak, side dish nya enak, pas buka puasa dikasih kayak puding gitu, lumayan deh.. Pokoknya kalau lagi di GI/Kokas Jakarta, jangan lupa mampir ke Ojju ya :) 

Happy Birthday ke 1 Tahun Anakku

Tidak terasa rasanya ingin meneteskan air mata jika teringat satu tahun yang lalu 12 Maret 2017, di kala subuh itu saya sedang merasakan nikmatnya bukaan bukaan 1 hingga 10, meringis kesakitan, Disitu saya merasakan kasih saya mama ku dulu seketika, saya tidak mau sedetikpun tangan saya terlepas dari tangan mama saya. Mama, mama mertua dan suami menemani ketika saya menikmati bukaan ituu..
Hingga akhirnya perjuangan saya berakhir dimeja operasi karena kepala bayi yang tidak turun turun padahal sudah bukaan 10. Beberapa menit kemudian tangisan yang dinanti nanti "Eh mana sihh suara tangisannya kok belum kedengeran sih", hahah Gumaam saya pas masih dioperasi



Seketika munculah muka si cantik dengan mata melotot melihat muka saya dan bibir monyong mencoba mencium i bibir saya,, ahhhh tidak ada momen paling bahagia selain melihat buah hati yang dinanti, buah hati yang telah lama memukul mukuli perut saya, apalagi kalau papa nya ngajaki bicara pasti langsung nendang! hahah ajaibbb...


Satu tahun pula lah perjuangan saya memberikan Asi Exlusive untuk anak saya, Hingga detik ini saya tetap minum prenagen Lactamom agar Asi saya bergizi. Tidak pernah putus setiap hari makan sayur sayuran dan ikan agar lagi lagi Asi ini bergizi. Jika seketika ASI terasa surut, mama langsung masak Sayur Katu, jantung pisang dan seketika itu pula saya yang amat ga suka yang begituan langsung saya telan telan pokoknya demi anak, jadi pas dimakan lagsung nelen, tanpa dirasa lagi karena TIDAK ENAK! Hahahahhaa..


Sengaja ga dikasih bantal, soalnya kata Suster nanti aja, jangand dl pk bantal peyang ???

Lalu kalau mompa asi dirasa seret, saya langsung  minum Teh Asi Booster, biar banyak lagi. Duhh pokoknya perjuangan banget !,. Mompa sehari 3x agar terkecukupi kebutuhan Asi anakku karena saya termakut orang yang agak idealis, mau kasih Asi murni sampe 1 tahun. 


Kadang saya merasa sedih kalau temen temen cuman mampu kasih Asi 3 bulan/6 bulan dll, alasannya ASI nya surut.. Menurut saya tidak ada alasan surut,,  karena ASI itu di rangsang, saya selalu menyusui anak saya Pagi sebelum kekantor, istirahat siang menidurkan dia sambil asi langsung, lalu ketika baru pulang ngantor dan ketika mau tidur dan ketika tengah malam ketika bangun nangis 2-3x terbangun (Katanya tengah malam itulah perangsang yang paling ampuh),,  Dan tidak ada juga alasan Asi nya Kering padahal sudah makan sayur dll, tidak benar dan tidak percaya.. Buktinya saya mampu karena setiap hari makan sayur, kalau dirasa surut langsung makan katu dan jantung pisang banyak banyak dan continue, disertai teh asi boooster..
Jadi intinya tergantung Niat sihhhh hhehe..


dan alhmdulilah perjuangan itu dibalas dengan Anak Bayi mungil yang sehat dan Aktif Shaqeena Ashura Navisha... Sekarang dia makan banyakk banget, lahap, nyusu juga nyedot muluuuu cepet,, hhahahah makin banyak makan makin sering pipis jadi pempersnya pasti cepet berat,, disyukuri deh Alhamdulillahhh...

Keluarga adalah kado terindah untuk Shaqeena


Tepat usainya 1 tahun, Mama dan Papa Qeena berinisiatif merayakan Ultanya hanya bersama mutual family,,, Walaupun dia masih melogo ga ngerti hahaha,, Nanti yah nak tunggu Qeena sudah ngerti, baru kita rayakan Ultanya :*..



 Qeena dan Wak Yus dan Kak Putra, yang menjaga Qeena ketika Mama dan Papa Kerja




Once more, Selamat ulta untuk anakku Shaqeena Ashura Navisha,, Segala Do'a terbaik selalu mama dan papa panjatkan dikala hembusan nafas ini.. Love you :*