Hobbies,

Perjalanan KL - HK - Macau - Shenzhen - Hari ke 2 : Hong Kong - Panda's Hostel, Mirador mansion, Star Fery Central, The Peak Tram, Victoria Peak, Sky Terace, Madame tussaud

5/26/2016 09:05:00 AM Oktiara dwindah 0 Comments

Day 2 = Selasa 11 Mei = Kuala Lumpur - Hongkong

07.10 – 11.05 = Sampe HK – Isi arrival card dulu baru imigrasi -  Naik bus A21
13.05 – 13.30 = Tiba di Hotel ke golden crown – Solat terus ke golden crown     beli tiket Wahana
13.00 – 14.00 = Makan di Mirador Mansion
15.00 – 15.30 = Ke Star Ferry Central - Nyebrang ke Hongkong Island
15.30 – 19.00 = The Peak Tram menuju Victoria Peak, Sky Terace, Madame   tussaud –Naik bus 15C pulang juga BUS 15C stop di Central
19.00 – 20.00 = Causeway, Times Square – MTR Causeway Exit B2

Sebelum ke inti cerita, Hongkong dibagi menjadi 4 bagian, yaitu Lantau Island, New Territories, Hongkong Island dan Kowlon. Pada umumnya tempat yang menjadi andalan pariwisata Hongkong adalah daerah Lantau island, Hongkong Island dan Kowlon, Penginapan saya berada di daerah Kowlon, reviewnya telah saya tulis disini mulai dari cara menuju dan fasilitas nya Review Panda's Hostel Elegant Hongkong - Hotel di Hongkong daerah Tsim Tsa Tsu

Setelah tiba di HKIA kita harus mengisi arrival card lalu ke imigrasi, nah tulisan lengkap telah saya tulis disini (Panduan begitu tiba di HKIA) jangan lupa juga membeli Octopus yang telah lengkap saya tulis sbb :  Review Bandara HKIA (Hongkong International Airport)

Yang perlu diingat dalam menggunakan transportasi di Hongkong adalah :
  1. Naik BUS = Octopus = Naik didepan, stop turun dibelakang, tap satu kali aja didepan (kalau tidak punya octopus, bisa masukin uang kedalam semacam kotak persegi panjang yang ada didepan supir Bus.
  2. Naik tram ding ding = Octopus = HKD 2.4 tarif Flat, Naik dari belakang, keluar didepan lalu tapping octopus cardnya
  3. Taksi = Warna merah jika tujuan akhir kita adalah di inti kota. Warna biru muda jika tujuan kita ke Lantau Island di mana terdapat patung duduk Budha terbesar di dunia. Taksi warna hijau NT (New Territories) khusus untuk tujuan di wilayah New Territories. Urban Taxi (warna merah) 2 kilometer pertama HKD 20

Begitu telah sampai di tempat Bus berada, saya menunggu hanya 5 menit untuk menggunakan BUS A21,, stop lah saya di stop ke 13, yaitu cameroon road. Jangan takut kelewatan karena terdapat papan pengumuman Next Stop, saya sengaja memilih duduk dibus dilantai 2, pengen coba sensasi nya, jangan takut koper hilang, karena ada layar CCTV dilantai atas,, begitu layar menggumumkan akan stop ke stop 12, saya dan suami langsung turun ke lantai 1, jadi begitu layar menuliskan "the next stop is Cameron road" saya langsung pencet bel (Hal ini agar si supir tau bahwa ada yang stop disana).. tunggu beberapa menit, sampelah kita di bus Stop ke 13, saya langsung turun dan cek ini dihotel,

Mirador Mansion
Setelah cek in, saya dan suami kelaperan, akhirnya kita makan di Mirador Mansion, yang katanya banyak makanan india halal, kita makan di Mirador Mansion, random aja sih milih tempat makan itu.. Saya mesen nasi briyani 58 HKD dan roti canai,,, rasanya just so so :(

Setelah makan di Mirador Mansion, saya dan suami meneruskan perjalanan ke Golden Crown Hostel (deketan dengan Mirador Mansion dan Hostel saya),, tujuannya kesini ya untuk beli tiket Disneyland, Nongping 360 dan The Peak Tram yang jauh lebih murah dari pada beli langsung disana..

Cara menuju Golden Crown Hostel dari BUS stop A21
Letak Hostel saya ada di dedepan A21, letak Mirador Mansion ada di dekat Majestic House, jalan lurus lagi nyampe deh di Golden Crown .. Langsung naik lantai 5, beli tiket The Peak Tram, Disneyland dan Nongping disini..

Star Ferry Pier Central
Setelah dari sini, jadwal yang sebenarnya adalah Avenue of the Star, namun karena ada renovasi hingga 2018, jadi pindah ke starry gallery Subways connected to MTR East Tsim Sha Tsui Station Exit J directly connects to Starry Gallery. Oleh karena itu kami skip Avenue of the star, lalu kami menuju Star ferry Pier Central untuk naik Ferry nyebrang ke Hongkong Island

Sebenarnya ada banyak cara untuk menyebrang ke Hongkong Island , yaitu:
1. By Taxi = Yang pasti costnya sangat mahal
2. By Bus
3. By MTR = Sekali tap bisa 11 HKD
4. Ferry by Star ferry = 2 HKD

Saya memilih menggunakan ferry selain karena ingin mencoba ferry nya Hongkong yang sudah ada sejak jaman dahulu, saya juga ingin menikmati Victoria harbour

Ke Star Fery = Star Ferry pier, Tsim Sha Tsui, Kowloon = MTR Tsim Sha Tsui Station, Exit L6. Walk to the Clock Tower along Salisbury Road.
atau kalau jalan kaki dari hostel kita tadi ( Peta diatas) walk along Nathan Road until you reach the end of the road, cross to the other side of Nathan Road, then cross Salisbury Road.

dari hostel tadi jalan lurus sampe ketemu ujung kayak foto diatas, lalu nyebrang, lalu belok kanan

Ditengah perjalanan ketemu kaca kaca lucu :p

setelah nyebrang tadi si laki pose dulu :D

Setelah nyebrang dan belok kanan, jalan terus sampe ketemu ujung seperti foto diatas, daaan taraa sampailah kita di Star ferry pier (Foto dibawah)

Setelah pose mesrah ditepi bibir Lautan ini, kita langsung jalan ngesot dikit ke Star ferry nyaa, btw ada dua tujuan kalau mengunakan Star ferry :

1. Star ferry = TST – Central
2. Star ferry = TST – Wanchai

Victoria Peak, Sky Terace, Madame tussaud
Karena tujuan saya adalah menuju Central, jadilah kita ambil Star Ferry arah Central, bukan wanchai, lihat foto pertama dibawah. Begitu sampe, keluar dari ferry, kita jalan lurus sampe ketemu lift, lalu belok kiri (Lihat disebelah kiri ada biang lala seperti foto dibawah ini).,,, Dari sana naik bus nomor 15C (Pemberhentian terakhir di stasiun tram The peak). Ongkosnya adalah HKD 4,2. Tujuan akhir bus ini adalah The Peak Tram Lower Terminus alias stasiun tram yang melayani perjalanan menuju The Peak Victoria Peak

Bus 15C membawa saya ke The peak tram terminus, untuk naik tram ke Victoria Peak Sky Terace, dan Madame tussaud..

Untuk menuju Victoria Peak, Sky Terace, dan Madame tussaud terdapat berbagai macam cara, yaitu:
1. Naik The Peak Tram (Seperti yang saya lakukan)
    Menuju The Peak Tram bisa menggunakan :
  • BUS 15C (Seperti saya)
  • Jalan kaki dari MTR Central Station = Exit di J2 exit dan jalan kaki ke ground level. Belok kanan melewati Chater Garden, menyeberang Queen’s Road Central, dan berjalan sampai Garden Road melewati Bank of China Tower dan Citibank Plaza serta St John’s Cathedral. Di ujung jalan Garden Road, terdapat petunjuk jalan besar ke Peak Tram, tinggal menyeberangi jalan dan kita akan sampai di ticket office untuk Peak Tram ke The Peak. (Foto dibawah)

2. Naik bus - Caranya Naik MTR Hongkong statiun exit D, naik bus no. 15, atau di central pier 5, naik bus 15 ada tertulis the peak didpn bus lalu turun di the peak galeria mall/ Victoria Peak, Sky Terace, dan Madame tussaud

Setelah menunggu 20 menit, datangla si Tram yang ditunggu tunggu, sensasinya miring 45 derajat loh, badang kita bener bener miring, saya sampe ngeriii :D... pemandangan diluar bisa dilihat difoto dibawah ini... Setelah naik Tram, tujuan pertama yaitu Madam Tussand.. Sebenarnya saya tidak begitu tertarik, tapi dikarenakan beli tiket terusan di Golden Crown itu paketan (Tram + Madam tussand + Sky terrace) terpaksa deh saya beli (soalnya takut nanti sampe the peak trem terminus antrian beli tiket nya panjang),, rupanya pas saya kesana ga terlalu panjang antriannya :o..

Didalam madame Tussand ga ada yang special, ya paling foto foto, ada banyak juga artis hongkong,, sebenarnya tidak terlalu rekomen sihhh...

Setelah moto ga jelas di madame tussand, saya dan suami ke Sky Terrace, banyak yang bilang tidak rekomen, karena hanya sekedar mangkal doang, tapi setelah saya amatai, rasanya rugi kalo ga ke sky terrace, soalnya bagus dan cantik,, dari sini bisa lihat Hongkong dengan berjuta bangunan tinggi dibawahnya..

Setelah foro narsis disana, dan setelah foto beberapa name tag titipan temen, akhirnya saya memutuskan untuk turun, kayaknya disini tidak ada makanan halal yaa

Habis dari sky terrace kita antri lagi untuk turun menggunakan The Peak tram,, posisi antrian ada disebelah kiri foto diatas (yang ada tendanya)

Pulangnya saya juga menggunakan bus 15C yang stop persis didepan The Peak Tram (seperti foto dibawah), namun ada beberapa blog yang mengatakan bisa juga naik bus 15,, nanti stop di MTR Central.. Tapi kemarin ragu mana pas turun ada bus 15C didepan mata.. yaudah langsung aja pulang naik lagi bus 15C dan stop di tempat pertama saya naik bus 15C ini,,

Foto diatas adalah pembeerhentian BUS 15C, disinilah kita stop untuk membeli tiket (jika belum ada) dan antri naik Tram untuk menuju Victoria Peak
Photo by  http://www.diarysivika.com/

Dikarenakan jadwal selanjutnya adalah ke Times Square, dari stop di bus 15C tadi saya ke mtr Central (jalan kaki ngelewatin jembatan kyk skywalk - kalo binggung coba tanya local people, saya kemarin juga rada binggung).. terus naik MTR Casuwaybay Times sq – EXIT  B2. Tapi pas keluar kok kayaknya nyasar ya :( ada yang bilang exit E... tapi ya sutralah, jadilah saya sama laki jalan jalan ga jelas disinii,,

Kiri atas = Pemberhentian terakhir BUS 15C, tempat pertama kita naik tadi
Kiri bawah = Naik sky bridge untuk menuju IFC mall (tempat MTR Central berada),
Kanan atas = Pose ditengah Sky bridge,
Kanan bawah = Foto ga jelas di Exit B2 Times Sq MTR Causewaybay

Akhirnya suami tepar, dan kita putuskan untuk pulang ke hostel by MTR, menuju MTR Tsim Tsa Tsu Exit B2... setelah dari sini kami makan di KFC deket Hostel, harga nya HKD 36 dapet Ayam 2, nasi satu dan pepsi satu,, ada yang unik lohh dari cara makannya KFC orang Hongkong dan membuat saya terkaget kaget..

Pertama, mereka tidak menyediakan saus sambal kecuali kalau minta baru dikasih, dikarenakan saya orang Indonesia yang tidak bisa kalau tidak pedas membuat saya berontak nanya "do you have any sauce?", terus dia bilang "chili or ketchup? terus saya bilang chili,, tapi sausnya kok manis :( sedih sedih sedih heheheh... terus yang kedua mereka tidak punya wastafel, mereka ngasih plastik bening berbentuk tangan :o jadi makan pake tangan, tangannnya dibungkus plastik,, hemat air bebb ;D wkikikikii lucuu,, ketiga nasi nya itu dicampur saus jamur enak bangettttttt,,,, tapi nasinya cuman seupil :(,, emang salah banget sempet males bawa rice cooker,, jadi temen temen kalau mau traveling mending bawa rice cooker buat masak nasi yahhh ...

Akhirnya perut kenyang hati senang saat nya tedoooorrrrrrr,, lanjut Hari ke 3 di next entri ya :D