Hobbies,

6/02/2016 05:45:00 PM Oktiara dwindah 0 Comments

Akhirnya, tiba juga kita dipenghujung Perjalanan saya selama 6 hari ke Kuala Lumpur - Hongkong - Macau - Shenzhen - Singapore.. Banyak sekali hal hal dan pelajaran yang saya alami selama berada dinegeri orang, mulai dari disiplinnya, transportasinya, sifat local people disana, dan juga meningkatkan jalinan tali kasih yang lebih mendalam terhadap suami, atau terhadap siapapun itu travel mate kita.. Ternyata ada benarnya jika sudah berkeluarga, usahakan untuk traveling lagi atau honeymoon kedua, untuk mempererat tali kasih itu..

Begitu juga selama perjalanan saya ke Singapore tahun lalu bersama calon suami, adik dan calon mertua. Begitu selesai dari sana, tali kasih antara kami semakin erat, khususnya tali kasih antara saya dan calon mertua saat itu.. Karena suka duka, binggung, laper, capek, happy, norak dilakukan bersama hehe. Begitu juga ketika saya berpergian dengan orang tua saya ke Malang dan Bromo  saya tidur sekamar yang ada dua bed.. Terus kita bahagia banget suka duka sama sama, makan sepiring rame rame, capek, excited, bahagia bersama, yaah akhirnya semakin eratlah cinta kasih antara anak dan orang tua.. Jadi sebenarnya liburan itu harus ya ! :D

Liburan saya bersama mertua, suami dan orang tua :D

Akhirnya saya memilih Hongkong untuk destinasi Honeymoon saya, sebenarnya kami memilih Korea, (Padahal semua itinerary sudah lengkap tinggal berangkat saja! dan harga tiket pun sama dengan ke Hongkong saat itu) namun suami tidak setuju, katanya ke Korea harus musim salju saja, lagipula saya sibuk dan males mau urus retetan syarat Visa Korea. Akhirnya terpilihlah Hongkong. Bukannya tidak cinta Indonesia, namun kalau ke Bali rasanya sudah Basi banget, terus juga harga tiket dan biaya selama kesana juga beda tipis dengan ke Luar Negeri.. Saya juga ingin merasakan yang berbeda, mulai dari bertemu local people yang bahasa, kebiasaan dan budaya yang berbeda, sistem transportasinya yang keren banget yang tidak bisa saya rasakan di Indonesia, dan lain sebaginya..

Dibawah ini telah saya tulis rangkuman perjalanan saya selama di KL, Hongkong, Macau, Shenzen dan Singapore yang telah saya tulis mendetail dan lengkap, jika kebinggungan bisa email saya di oktiaradwindah@gmail.com

11. Perjalanan KL - HK - Macau - Shenzhen
13. Kesimpulan, Tips dan Trik untuk 6 Hari Keliling Kuala Lumpur - Hongkong - Macau - Shenzhen - Singapore

Adapun tips dan Trik yang saya kumpulkan jika kamu ingin pergi kesana :
  1. Bawa Rice cooker ! Saya kemarin sempat ingin membawa ini, tapi kok saya pede aja ga jadi bawa ni RC (Ricecooker), eh rupanya nyari makanan halal disana gampang2 susah,, jadi ada baiknya kamu bawa RC kecil dan beras. Dimasak untuk sarapan pagi dicampur pop mie, dan untuk dimasak bekal makan siang
  2. Bawa Abon, saus botol, ini kalau ada nasi, lauknya bisa Abon dan rendang kering. Saus botol kudu bawa soalnya saus di Hongkong rasanya manis,, tidak gurih
  3. Bawa payung, kaca mata hitam dan jas hujan, saya selalu membawa payung dan jas hujan diransel saya kemana pun saya pergi, eh rupanya berguna, ketika saya ke Macau kemarin hujan rintik, dan ketika saya ke Nongping juga panas menyengat, jadilah saya pake payung berduaan sama suami. Oia kaca mata hitam juga dibawa yaa soalnya panas silau men 8)
  4. Selalu isi Arrival card!. Begitu masuk ke Bandara manapun, keluar bandara manapun isi Arrival dan Depature Card yaa. Arrival card di KLIA2 harus diisi sebelum ke imigrasi, begitu juga ketika dari bandara HKIA ke Singapore arrival card juga saya isi.. Lalu ketika saya di ferry, dari Macau ke Hongkong juga isi arrival card yang dibagikan di ferry. Lalu ketika saya dari Shenzen ke Hongkong saya juga mengisi Arrival card. Nah tapi kalau depature card saya hanya isi ketika saya pergi dari Hongkong ke Macau.. Tidak semua nya
  5. Satu lagi yang memusingkan dari Hongkong adalah bandara HKIA nya. Terbagi menjadi dua terminal. Satu terminal T1 dan T2 (untuk Low cost airlines). T2 hanya untuk cek in saja, sedangkan GATE berada di T1 semua. Kalau sudah cek in di T2, naik lift pindah ke T1 untuk masuk imigrasi. Sesudah masuk imigrasi turun satu lantai lalu naik Kereta semacam Automated People Mover, karena letak GATE sangkat jauh. Kita harus berpindah dengan APM, barulah kita sampai di GATE kita. Kalau binggung, tanya saja dengan pusat Informasi yang tersebar dimana saja. Namun bahasa inggrisnya membinggungkan, campuran cina english yang membuat saya salah sangkah. Mereka suruh naik Train, tapi mereka ucapkan "Drein" ? :D Akhirnya saya suruh tulis what's Drein ? Owalaahh rupanya Train alias APM.
  6. Kalau ke Ladies Market kudu tawar harga serendah rendahnya. Misal saya beli piring mereka buka harga HKD 130an, saya tawar jadi HKD 38. Pura pura pergi akhirnya mereka mau. Tapi mereka kasar, suka bentak bentak, jadi jangan dibawa hati ya :p
  7. Kalau bisa bawa lah uang USD/SGD/HKD dari Indonesia. Karena mata uang Indonesia tidak diterima di China, dan di Hongkong ratenya juga jelek. Tapi kemarin saya nuker di Mirador mansion, ehh bisa ditawar loh Ratenya. Misal 1 Rupiah senilai 0,400 HKD, kita bisa minta jadi 0,60 (Eh bener ga ya?) :p.. Saya rada lupa, urusan duit mah suami ku yang jago, saya binggung :s
  8. Satu lagi, ke bandara baik HKIA maupun KLIA2 atau Singapore Changi, usahakan 4 jam sebelum keberangkatan. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi selanjutnya. Datang lebih cepat lebih baik, perbangan saya dari HK ke Sing dimulai jam 21.50, namun jam 6 sore saya sudah ada di depan Cek in Counter. Walaupun baru bisa drop baggage jam 7 sore, setidaknya saya bisa cari tau dulu atau cek lokasi dimana keberadaan lift untuk menuju terminal 1 dll. Perlu diingat, gate mereka itu luas, perlu waktu satu jam untuk menuju gate dari tempat cek in. HKIA,KLIA2 yahh harus seperti itu. Beda dengan Changi yang letak gate tidak terlalu jauh..
  9. Lebih baik datang dari bandara di Macau, lalu pulang di bandara HKIA,, karena selain menghemat ongkos, kalian hanya perlu satu kali naik Ferry. Waktu itu saya ingin membeli KL-Macau, lalu pulang lewat HK. Namun harga tiket ke Macau yang hampir 2x lipat ke HK, membuat saya terpaksa membeli tiket KL-HK saja.
  10. Kalau ada rencana mau tidur dibandara, jangan lupa siapkan bantalan/mukena juga bisa dijadikan untuk batalan, dan letakkan tas dibawah paha, saya kalau selonjoran selalu menaru benda berharga ditas, lalu tasnya saya rangkul dibawa paha :D
Banyak sekali pelajaran yang saya ambil dari perjalanan saya ini, yaitu selain mempererat tali kasih antara saya dan suami, ini juga membuat kami semakin mengenal satu sama lain, serta kelebihan dan kekurangan masing masing, selain itu semakin mengingkatkan keimanan saya terhadap Allah Swt yang telah menciptakan jagad raya yang begitu indah, menciptakan manusia pintar yang bisa membuat bangunan yang amat megah, semegah Cable Car Nongping dan semegah bandara HKIA.

Selain itu meningkatkan wawasan saya akan sistem informasi di negara maju ini. Mulai dari rasanya dan pusingnya baca peta cara naik MTR, Tram Ding ding, hingga Bus Double Decker. Sesuatu yang tidak pernah saya rasakan dinegara saya. Selain meningkatkan iman, juga meningkatkan wawasan dan rekaman dunia disisi lain. Yukk,,, rajin nabung dan beli yang penting penting aja. Kapan lagi jadi story teller tentang dunia orang lain ?