Hobbies,

Perjalanan KL - HK - Macau - Shenzhen - Hari ke 5 dan 6 : Shenzhen - Window of The World - Dongmen Shopping Street - Back to HK (Tiba di Singapore)

6/01/2016 08:27:00 AM Oktiara dwindah 2 Comments

Important Notice : 

  1. Money changer di Shenzen tidak terima Rupiah, Jadi tukar Rupiah ke HKD/Yuan di Hongkong yaa..
  2. Pastikan pulang ke Hongkong dari Shenzen jangan mepet, karena bisa saja Imigrasi keluar (Dari Shenzen ke Hongkong) antriannya panjang. Apalagi kalau ada jadwal pulang ke Bandara di hari yang sama.
07.00 – 08.00 = Check out Hostel - To Shenzen (MTR Lo Wo)
08.30 – 09.00 = Urus Visa
10.00 – 12.30 = Window of The World -  MRT Hijau Window of the world
12.30 – 15.00 = Dongmen Shopping Street  MRT Laojie exit A Line  ijo
15.00 – 16.00 = Otw Hostel - Makan di KFC
17.00 - 18.00 = Otw Bandara

Window of The World


Hikshiks hari ini adalah hari terakhir di Hongkong, malem ini jam 10 malem sengaja saya memilih jam malem, biar ngemat harga hostel juga :p. Akhirnya kami pun Check out, lalu menitipkan koper di Hostel, nanti sore begitu pulang kita tinggal ambil koper saja.

Oke dihari terakhir ini kita akan bertandang ke ujungnya China,,, Shenzen.. Yap Shenzen ini adalah daerah China, ibarat kata nihh si China Shenzen adalah Batam, si Hongkong adalah Singapore... Nah kurang lebih begitu perumpamaannya.. Dan tentu saja membutuhkan Visa ke Shenzen,,, VOA..

Oke pertama tama dari Hostel kita menuju Shenzen dengan menggunakan MTR,,  urutannya Mtr Tsim Tsa Tsu - Stop di MTR Prince Edward – terus lanjut lagi di Kowloon Tong – begitu sampe di Kowloon Tong kalian harus turun, soalnya genti ga naik MTR lagi tapi naik KCR untuk menuju LO WU (Pemberhentian terakhir). Eh tapi harap diperhatikan pengumumannya ya,, soalnya si KCR kan nanti bermuara dua jalur, ada ke Lok Ma Chau ada juga ke Lo wu,, tapi rata rata si KCR muaranya ya ke Lo Wo,, ini hanya sekedar jaga jaga aja sihh..



Cara menggurus VOA Shenzen
Begitu tata cara pengurusan VOA di Imigrasi Shenzhen: (Lihat foto diatas)
  1. Begitu sampe di Lo wo langsung lah kita ngurus visa (tapi nanti kita masuk imigrasi akhir Hongkong dulu ya).. pokoknya begitu sampe jalan lurus terus aja nanti  Naik ke lantai 2  atau naik 1 lantai dari gate imigrasi  untuk apply visa.. begitu sudah naik alantai 2 nanti belok ke kiri untuk naik eskalator untuk ke lantai 2. (Foto No.1)
  2. Begitu kita berjalan menuju imigrasi, nanti ada sungai,, sungai ini lah yang menjadi perbatasan antara Hongkong dan China (Foto No.2)
  3. Sediakan uang sebesar Y 168  Rp. 235.200
  4. Isi formulir yang telah disediakan. Formulir ini tersedia di depan pintu masuk (Foto No.3)
  5. Setelah formulir dan uang siap, ambil nomor antrian seperti kalau kita antri di bank. Tunggu sampai nomor kita dipanggil ke loket (Foto No,4)
  6. Bila dipanggil serahkan formulir, paspor dan nomor antrian. Terus nanti disuruh duduk lagi.
  7. Terus nanti dipanggil lagi, terus ambil paspor begitu dipanggil. Terus duduk lagi. Terus dipanggil lagi, baru deh bayar Y 168
  8. Habis itu turun deh ke bawah untuk cek imigrasi nya Shenzen, tapi sebelum ke imigrasi isi arrival card dulu ya..
  9. Sekeluar dari port imigrasi tadi cukup berjalan lurus saja hingga keluar, begitu keluar dari gedung kita lihat kearah kanan, (arah jam 2) nanti ada sign tanda Subway., turun kebawah menuju platform Metro Shen zhen. Seperti biasanya sebelum masuk platform kita harus beli tiket sekali jalan yang berupa token di mesin-mesin yang tersedia. Jangan kuatir mesin-mesinnya bisa ngomong bahasa Inggris kok, harganya murah banget, 5 RMB (Sekitar Rp. 10.000).

Dibelakang saya adalah tempat imigrasi Shenzen berada, dibawah tangga adalah tempat subway berada.


Window of The World
Saya sengaja tidak membeli kartu sakti macem Octopus, karena ke Shenzen hanya sehari, jadi saya membeli ketengan, alias pake mesin, tinggal pencet bahasa inggris, lalu pencet tujuan akhir kita apa, terus tulis mau berapa banyak tiketnya, terus masukin uangnya, nanti keluar deh kembalian dan token warna hijau (Seperti di KL)


1. Lalu kita menuju Window of the world – MRT Ijo Window of the world (30 menit) 180 Yen EXIT J. Dket sni ada KFC loh, tapi tidak ada nasi, hanya kentang saja dan burger
2. Begitu sampai keluar EXIT J, loket tiket ada disisi kiri kita, lalu kita masuk dengan cara menaiki anak tangga,, udah deh sampailah kita masuk ke enterance Window of the World (Lihat foto dibawah ini, bagian kiri bawah)

3. Kalau capek (karena WOW ini luas), Naik saja Regular Car, kereta bermuatan 10 orang dengan tarif Y20 perorang (lumayan Rp. 28.000 tapi kaki nggak pegal). Kereta ini berhenti di replika-replika yang menjadi highlight WOW seperti piramida Mesir, Menara Pisa dan air terjun Niagara untuk memberi kesempatan penumpang berfoto ria




Taman mini di bagi menjadi 8 zona area, meliputi
1. Alun-alun Dunia
   Piramida Kaca Louvre Paris sebagai Pintu Masuk menuju Metro, Air Mancur dan bola dunia, Replika Gerbang Mesir, Replika Gerbang China, Panggung terbuka dan Relief dinding dari peradaban dunia.
2.  Asia
    Korea Selatan, Grand Palace - Thailand, Katsura Detached Palace - Jepang, Shirasagi Castle - Jepang, Itsukushima Shrine - Jepang, Candi Borobudur - Indonesia, Angkor Wat - Kamboja, Shwedagon Pagoda - Myanmar, Merlion - Singapura, Alun-alun Mesjid Islam - Saudi Arabia, Taj Mahal - India
3.  Oceania =Sydney
4.  Eropa, Afrika, Amerika, World Sculpture Park dan International Street.






Dari sekian banyak blog yang saya baca, banyak yang sedikit kecewa dengan WOW, bahkan banyak yang menyarankan untuk berkunjung ke Spendid China saja dari pada WOW, tapi namanya juga penasaran, dan begitu sudah saya jalani, ternyata benar,, biasa aja sihh,, mana juga kesan nya nih WOW tidak terlalu terawat, ada beberapa cet yang luntur, terus juga gitu dehhh,,, tapi overall menyenangkan kok :D

Dongmen Shopping Street 
Lalu sebenarnya tujuan selanjutnya adalah ke Splendid China & China Folk Cultural Garden , namun dikarenaka waktu sudah jam 2 siang, lalu saya juga tidak mood, karena kaki udah sakit banget, akhirnya kita ke Dongmen Shopping street sebentar,, saya salah duga, saya kira disini tempat membeli oleh oleh khas China, rupanya ya disini jualan macem kayak tas, baju dan peralatan gadget,,,  Saya lalu berpindah dari WOW ke MRT Laojie exit A Line  ijo.. harga CYN 5





Disini hanya lihat lihat saja,, nothing special here yaaahh,, setelah lihat lihat jam 3 sore kami putuskan kembali ke Hongkong, Dari Laojie kami naik metro ke stasiun Luohu harga CYN 2,,

Setelah exit ke Luohu kami pun kembali lagi ketempat awal datang, lalu ikuti saja petunjuk dimana kita merupakan foreign pasport bukan Hongkong/China pasport, ikuti petunjuk lalu sampailah kita ditempat pemeriksaan imigrasi nya China untuk ke Hongkong, isi dulu ya arrival card yang terletak dipojokan, baru deh ke imigrasi (TIPS: Jika kamu terburu buru, ada baiknya spare time untuk antri imigrasi, kami kemarin antriannya agak rame (padahal hari jumat yaa) oleh karena itu harus benar benar spare time lebih untuk antrian imigrasi..

Setelah tiba di Hongkong, kita makan KFC lagi deh HKD 36,, baru kita ambil koper yang tadi saya titipkan di hostel,, lalu kita menuju bandara HKIA.

Bagaimana cara menuju HKIA dari Tsim Tsa Tsu/Kowlon ?
Tentu saja yang akan saya akan menggunakan kembali bus A21 seperti pertama kali saya datang kemari,, semua sudah saya tulis disini Review Bandara HKIA (Hongkong International Airport) . Tentu saja untuk menuju HKIA kita harus dari arah berlawanan datangnya kita pertama kali, Kalau tadi stop di sisi kiri, maka untuk pulang kita harus nyebrang,, letak halte A21 saat disisi kiri dan kanan tentu tidak sejajar, namun agak berspace kira kira jaraknya 50 M. deket banget kok.. Ini perumpamaanya

Kemari saya datang di halte A21 disisi Cameron Lane, nah nanti pulang saya nyebrang ke Halte A21 didekat Kowloon Park (Sjopper's Boulevard)

 Ini dia Halte A21 untuk menuju ke HKIA (Ilustrasi kartunnya ada diatas foto ini),, sebelum saya ke Shenzen, saya survei lokasi dahulu, takutnya nanti kesiangan sampe di HK, jadi tidak perlu celingak celinguk lagi karena sudah tau lokasi nya)


Peta ini juga sama aja kok, foto pertama halte nya agak keatas, sedangkan foto ini halte A21 nya persis dedepan Golden Crown,, 

Ada perbedaan antara bus A21 dan N21, jika kamu tiba / menuju kebandara pada dini hari(Malam hari), bus yang beroperasi adalah bus N21.. A21 beroperasi pagi saja dari jam 5 subuh sampe jam 11 malam..

Setelah jam 5 sore sampe di HK, kami makan kfc dulu HKD 36, lalu ambil koper, terus nyebrang, terus nunggu cuman 5 menit tuh bus A21 dateng !!.. Oia, karena kami di terminal 2, nanti begitu bus stop di HKIA jangan langsung turun, karena pemberhentian pertama adalah terminal 1, sedangkan stop selanjutnya ada terminal 2. Setelah cek in di terminal 2, kita pindah ke terminal 1 (tempat gate berada), tata cara pulang telah saya tulis lengkap disini Review Bandara HKIA (Hongkong International Airport) 


Hari ke 6 - Changi Singapore

Okay akhirnya tiba di HKIA, melanjutkan perjalanan ke Singapore lalu pulang ke Palembang,, Dihari ke 6 saya tiba di SIngapore jam 1.30 dini hari, berangkat dari HKIA jam 21.50, sengaja memilih jam 10 malam karena seharian ini paginya saya jalan jalan ke Shenzen, lalu sorenya sudah jalan menuju HKIA..

Dihari ke 6 ini saya tiba jam 1.30, Lalu ambil melakukan imigrasi, ambil koper, lalu cari tempat mejem didepan counter Cek in,, Hari ke 6 sengaja saya pilih untuk melakukan Wisata Tour di bandara Changi hehheee... Sengaja karena benar benar ingin explore semua terminal di Changi ini.. Semua review tentang hari ke 6 telah saya tulis disini Review Bandara Changi International Airport Singapore

Tidak terasa kita sudah berada dipenghujung hari yang super menyenangkan ini, kesimpulan akan saya tulis setelah entri ini yaaa.. Sungguh ke Hongkong kayaknya kudu harus yaaa, soalnya bagus banget, disiplin, rame, keren, pokoknya terniang niang terus dehh... banyak sekali pelajaran yang saya ambil dari perjalanan ini, mulai dari rasa iman yang terus meningkat akan kuasanya Tuhan membuat segalanya, hingga perilaku orang Hongkong yang terkesan kasar ;D... Habis ini saya sudah membuat itinerary lagi untuk perjalanan selanjutnya. Kira kira kemana ya ? Ada saran ? ;D

You Might Also Like

2 komentar:

  1. Suka bgt baca blognya.. Reviewnya lengkap ampe foto-foto penunjuk arah, dan start-end up di Palembang pula.. Helpful bgt! Bikin nambah pgen ke sana hihihi..

    BalasHapus
  2. Makasi mb rere semoga membantu perjalanan kamu yaa :)

    BalasHapus