Personal Life,

Pengalaman Melahirkan Normal dan Sesar - Keajaiban Kehamilan

4/13/2017 03:44:00 PM Oktiara dwindah 3 Comments

Betapa meningkatnya rasa iman saya kepada Allah Swt ketika merasakan ajaibnya proses kehamilan yang terkadang hampir tidak masuk diakal, hanya dari sebuah sperma, lalu berkembang hingga menjadi janin dan menjadi bayi lalu menjadi manusia seutuhnya.. Betapa saya merasakan keajaibannya dimulai dari mual muntah, hingga pertama kali merasakan tendangan anakku, hingga sampailah penantian kami semua hingga memasuki penghujung minggu ke 38 , lahirlah anak ku Shaqeena. Eh tapi mau lahiran ini sedih loh :( karena bakal kangen masa masa hamil heheee..

Minggu ke 38 (Dua hari lagi Minggu ke 39) tepatnya hari Kamis tanggal 9 Maret 2017 saat itulah penantian saya memberikan saya "kode" bahwa "Qeena akan keluar mama!".
Benar saja, hari itu dari subuh hingga ke Malam saya sudah merasakan kode itu, tapi masih binggung kira kira ini tanda lahiran bukan yah ?

Dimulai dari Subuh saya merasakan rasa seperti akan Menstruasi dengan durasi setiap 5-10 menit datang dan timbul,, pagi nya saya masih beraktifitas spt biasa karena sakitnya masih bisa ditahan. Saya masih solat Duha tapi duhhhh sakitnya menyut menyut dirahim, nambah susah bangun dari sujud, pokoknya hari Kamis itu seharian dari jam 6 subuh sampe malem rasa cenut seperti Mens durasi 5-10 menit. Malemnya saya langsung ke Rs. Bunda tapi mau konsul ke dok Putri,  saat dicek ternyata belum ada bukaan! Walahhh... Tapi sudah ada tanda tanda melahirkan seperti adanya lendir coklat yang keluar (seperti flek)



Oke selanjutnya jumat sampe ke Sabtu saya masih bertahan, masih merasakan menyut yang datang dan hilang tapi masih bisa ditahan, Akhirnya Sabtu malem saya ke UGD Rs. Bunda, pas dicek ternyata sudah bukaan 2!!!. Saya memilih untuk pulang,,, lebih baik nunggu bukaan dirumah dari pada di RS,,

Lalu begitu pulang dari rumah, dari saat mau tidur sampe besok Subuh, ini menyut makin sakit, makin lumayan tidak bisa ditahan, datangnya kira kira 10 Menit sekali, Jadi dari jam 8 malem sampe subuh saya tidak tidurrr,, pas mau mejem dikit, si menyut datang lalu saya meringis nahann, terus ilang, terus 10 menit lagi pas baru mau mejem, si menyut datang, lalu saya meringis lagi, begitu seterusnya sampe subuh (Minggu Subuh) saya tidak tahan lagi langsung ke UGD (Jangan lupa Koper semua persiapan dibawa ya) , dan ternyata sudah bukaan 8!!!!.... Superrrrrrrrrrrrrrr... Hahaha ternyata semalaman saya tidak tidur dan meringis itu rupanya sudah menuju bukaan 8..

Begitu subuh dicek, langsunglah saya dipindahkan keruang bersalin, tapi dari bukaan 8 ke 10 itu saya agak lama, biasanya cepet yaah, nah mulai dari nunggu bukaan 8 sampe 10 inilah baru saya merasakan sakit kontraksi yang tidak bisa ditahan :o.. dari subuh sampe jam 2 Siang baru lah bukaan 10.. Selama menunggu sakitnya makin menjadi, begitu sakitnya datang saya langsung tarik nafas biar sakitnya ga nyakitin banget,, beruntunglah saya karena selama menunggu bukaan 8 ke 10 disisi kiri saya mama saya, beliau yang menuntut saya baca ayat ayat dan saya genggam tangannya selama menunggu bukaan, lalu disisi kanan saya ibu mertua saya, diurutnya pinggang saya selama menunggu bukaan, suami juga ikut nungguin (genti gentian).. Pas jam 10 Pagi dicek Dokter Putri tapi kepala Bayi masih tinggi (harusnya sudah turun), akhirnya ketuban saya dipecahkan oleh Dokter, uuhh rasanya anggett ada air ngalir gituu.. Kata dokter dipecahkan Ketuban siapa tau kepala bayinya turun.

Lalu jam 2 Siang dicek lagi bukaan, dan bukaan sudah lengkap,, okeeee mulai susasana makin tegang, ada bidan 3 orang dan 1 dokter Putri... Walah disuruh ngeden (sebelum ngeden saya harus pipis, tapi ga mau pipis, akhirnya dipasang keteter), ngeden pertama saya gagal, katanya saya salah ngeden, wkwkw,, akhirnya saya digambarkan perasaan mau Pup kerasss,, yaudah selama itu saya membayangkan mau pup keras, saya ngeden sekeras kerasnya tapiiii tapiii tapiii Failed :(, karena kepala Bayi masih tinggi, saya juga pinggulnya kecil,, aduh sedih bangetttt :(., tapi saya tetep bersih keras minta bidan dan dokter untuk saya ngeden lagi, tapi tetep failed, kepala bayi masih tinggi.(Pelajarannya banyak banyak cari info seputar mengejan dan mendorong yang benar, saya kemarin kurang banyak mempelajari, saya lebih fokus ke ciri melahirkan, list perlengkapan bayi, dan membaca cara melahirkan normal tapi tidak mendalami cara mengejan).



Akhirnyaaa, setelah ngejan dan ditungguin berkali kali, akhirnya dokter kasih saran katanya pinggul saya kecil, kepala bayi tidak turun turun padahal sudah bukaan 10 dan sudah menunggu lama,, Akhirnya saya sudah tidak bisa berbuat apa apa ini nyawa sudah seperti mau ditarik :( sakit ngeden sakit juga hati ini karena merasa pengorbanan nunggu bukaan 10 dan membayangkan kelas Yoga yang aku ikuti, tiap pagi dan sore jalan kaki itu seperti sia sia. Dan salahnya lagi karena memang dari awal pengen Normal saya hanya baca sekilas saja tentang lahiran sesar,, jadi saran saya kita tidak pernah tau apa yang terjadi, lebih baik persiapkan keduanya ya, lahiran normal dan sesar harus dipelajari juga..

Nah akhirnya saya sesar mendadak nihhh,, dan persiapan sesar ini setidaknya butuh waktu persiapan setengah jam :(,, dann selama setengah jam itu pulalah saya tidak boleh mengejan, yaelahh padahal ini udah mau mengejan bangetttt,, akhirnya disuruh tarik nafas terus pas mau ngejen, tapi ini ngejannya terasa seperti bayi mau keluar tapi ga muat wkwkwkkw.. 

Lalu saya dipindahkan ke Ruang operasi, wiih rasanya ngeri :(, liat kelangit langit ada banyak lampu, lalu saya disuntik anastesi dipinggul bawah, lalu liat dokter Putri sudah pake baju operasi, ruangan disana ada kali ya 10 derajat, dingin bangett :(,, terus saya dipakein kayak shower cup, dan oksigen diidung (pikiran saya saat itu wahh kayak di film film) wkwkwkw... Terus sudah dianastesi dokternya suruh gerakin kaki, tapi kaki saya ga bisa bergerak, oke kata Dokter sudah bisa Operasi..  Sebelum operasi mereka kayak ada Apel gitu bahwa akan operasi atas nama ini, lalu berdoa bersama. 

Nah saya tidak merasakan apa apa, tapi merasa ini perut kayak ditarik tarik, berasa sihhh kayak ditarik tapi tidak sakit, mungkin 20 Menitan deh Operasinya,, terus badan mengigil, ternyata emang efek obat kayaknya ya, terus saya sambil nunggu ni mana suara tangisan Dekbay,,


Dan akhirnya setelah mungkin 20 Menit, tepat pukul 14.50 Lahirlan Anakku kedunia. Pertama kali mendengar tangisannyaa yaAllahh saya nangisss sedih terharuuuu,,, tidak akan ada pernah momen bahagia seorang wanita selain merasakan melahirkan,, mendengar anakku menangis yang suara tangisannya saja lucu banget kalau diingat ingat, saya pun disodor Dokter "Ini ya bu Anaknya", Pertama kali Qeena saya tatap, matanya bulat besar dan melototi saya, lalu bibirnya seperti maju maju seperti mau ciuman, lalu saya ciumi bibirnya,, (Sambil ngetik ini hati saya masih bergetar merasakan pertama kali berjumpa dengan Penantian ku). Tidak bisa diuraikan dengan kata-kata, Momen teristimewa seorang Wanita adalah mengandung dan melahirkan, alangkah istimewanya Wanita yang telah mengandung dan melahirkan...





Finally!!! Setelah selesai sesar,, saya dipindahkan ke ruang observasi gitu, nunggu 6 jam baru boleh ke ruangan, hehe pertama kali liat suami ku jalan dari kejauhan senyum senyum sumringah, wahhh kayaknya dia seneng banget.. Kata pertama yang tidak bisa saya lupakan dan merasa tersanjung sebagai seorang istri adalah "Terima kasih ya Sayang sudah melahirkan Anak ku".. Huuu tidak ada momen yang paling istimewa dihidup ini selain melahirkan dan suami berterima kasih atas karunia anaknya.. Terus yang saya tanyakan selanjutnya, kamu udah adzanin belum? terus dia bilang "Udahhh, adzan dan komat" sambil senyum,, huhu seneng banget..

Saya juga bahagia, karena dikelilingi keluarga yang sangat kompak dan selalu ada, selama kehamilan Alhamdulillah saya merasa dipermudah Allah, Saya mual muntah hanya seminggu, selama hamil tidak pernah sakit, kembung hanya seminggu, sisanya nafsu makan lanjut terus, saya juga merasa kuat, tiap pagi dan sore jalan kaki, naik turun tangga dll, tidak pernah ada flek dan keluhan yang aneh aneh, pokoknya kayak hari hari biasa, bedanya saya hamil. hehe

Selain itu bahagia pula, setiap hari saya makan sehat, makan mie instan seumur hamil cuman 3x itupun sudah kepengen banget, makan snack dll paling cuman 3x juga, selebihnya makan ikan, sayur, ikan, sayur, telur ikan, dan seterusnya (Seriously hampir setiap hari makan Ikan). Alhmdulillah Mama selalu menyiapkan ku bekal untuk dimakan pagi jam 9 dan Sore jam 4 untuk dikantor, cemilannya berupa roti, pempek, pisang dll. Terus disiapkan pula Buah seperti Pir, Pepaya, Buah Naga, Apel yang dimakan jam 8 Pagi, Lalu setiap hari juga mama menyiapkan Dogan dan Susu kedelai bergantian untuk diminum jam 10 Pagi.


Pun saat masa menyusui, setiap hari pasti makan sayur, selalu disiapkan sayur jantung pisang, bayam, katu dll, makan ikan selalu, pokoknya makan sehat banget, buah juga dll. Papa juga siaga dan tiada lelah seiap hari antar jemput dari rumah ke kantor, adikku kakak ku juga, kalau dijalan ada lubang langsung mobilnya direm biar pelan pelan hehe..Begitu pula dengan Mama mertua, pasca melahirkan beliau menyiapkan saya sayur katu dan jagung, ikan gabus, semur, susu kedelai dll, dan saya juga tidak boleh naik turun tangga, jadi semua makanan disediakan dikamar (berasa dihotel ya) hehe.. Ahh pokoknya alhmdulilah mereka baik dan sayang sama kami semua...

Lalu yang paling manjur tentu saja doa,, saya selalu giat berdoa agar melahirkan di waktu weekend saja disiang hari. Alasannya ? Biar Papa nya yang kerja jauh bisa pulang dan temani saya, terus kalau siang biar keluarga pada enak mengunjungi, biar juga tidak menyusahkan orang lain yang harus menemai saya nunggu bukaan tengah malem hehe. Dan berdoa agar diberi kemudahan ketika mengandung dan melahirkan,, alhmdulilah dikabulkan Allah, Ada suami yang siaga dan lahirannya Minggu Siang hahaha senengnyaaa :)))))


Oke akhirnya usai sudah perjalanan cerita yang lumayan panjang ini, semoga bermanfaat untuk ibu ibu yang akan melahirkan agar punya gambaran spt apa melahirkan ituu.. Jangan lupa berdoa selalu, makan sehat dan positive thinking ya :)





You Might Also Like

3 komentar:

  1. Kmaren abis brp mbak buat lahirannya? Ak udah masuk 32 minggu ini mulai bingung cari rs dan dokternya karena sebelumnya ak stay di jakarta. Makasih ya sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oia itu di RS. BUNDA palembang, utk review dan lain lainnya ini lg saya tulis, nanti stay tune aja ya, insyallah senin udah dipublish

      Hapus
  2. kl normal vip 10 juta, kelas 1 hrgny 8,3 jt mb
    kl sesar vip 22 juta, kl kelas 1 hrgny 19 juta mb..

    BalasHapus