Personal Life,

Review : Melahirkan di Rs. Bunda Palembang

4/17/2017 10:32:00 AM Oktiara dwindah 54 Comments

Kenapa harus Bunda? Karena selain lokasinya yang lebih deket dari rumah, selain itu juga karena dokter saya Dokter Putri Prakteknya di Bunda. Kenapa juga Dokter Putri? Karena selain dokternya itu cewek, terus juga dokternya cerdas, baik, cantik dan kawan mama saya hehe..

Pada saat itu hanya dua rumah sakit yang menjadi pilihan saya, selain Bunda yaitu Hermina, tadinya pengen Siloam, tapi banyak review yang kurang meyakinkan di Siloam, akhirnya saya mantap memilih Rs. Bunda Palembang yang akan saya review secara lengkap.





1. Tim Medis

Ini yang paling utama dari sekian banyak point, pertama kali ke Bunda untuk cek kehamilan berkala (dibangunan Lamanya), yaah kalau bangunan lama sih ya emang tidak sebagus bangunan baru,. 
- Dimulai dari Resepsionis yang ramah dan membantu dan ga BT saya serang puluhan pertanyaan berupa biaya persalinan dan asuransi hehe,, 
- Dokter
terus Dokternya yang baik (Dokter saya melahirkan, Dokter Putri, dibantu Dokter Asrul), Lalu selanjutnya suster dan bidan penjaga UGD yang baik dan ramah yang telaten, ke UGD saat saya cek bukaan, dan disebelah saya ada bapak bapak yang sakit, dan susternya ramah terhadap bapak itu.

- Bidan dan Suster
Lalu ketika sudah dari UGD, saya dipindahkan diruang bersalin, ditemani bidan yang mengecek bukaan. Bidannya baik banget, dia support saya ketika saya meringis sakit katanya "Ayo Sayang kamu bisa", lalu dia menuntun saya baca ayat penghilang rasa sakit La ilaha illa anta subhanaka inni kuntum minal zalimin. Suara bidannya lembut dan seperti penuh rasa kasih sayang. Kalau sakit selalu menyuruh saya tarik nafas dll.

Setelah itu ketika melahirkan, ditemani 3 Bidan dan 1 Dokter. Semua Bidannya support saya menyuruh mengejan, lalu menyuruh saya membayangkan seperti mau PUP keras hehe.. Terus disuruh puter badan ke kiri, ngeden ngadep kiri, walaupun gagal.. Lalu Bidan lain menekan perut atas saya biar si dekbay turun dll. Pokoknya TOP banget Bidan di Bunda, ramah sabar dan sepertinya penuh kasih sayang..

Setelah lahiran Normal yang mendadak ke Sesar karena kepala Bayi yang tinggi, saya dipindahkan ke ruang Operasi untuk operasi sesar, Disitu banyak banget dokternya, saya kemarin sempet komunikasi hanya dengan dokter Anastesi, ya dokternya so far sih baik ya, nyuntik terus nyuruh angat kaki..

Setelah lahiran saya menunggu di ruang observasi selama 6 jam. Disitu ditemani dua suster, saya mengeluh kepanasan, ehh susternya baik banget, didekat saya langsung dikasih Kipas sejuk kayak AC yang model masa kini, hehe, terus pas susternya mau makan, dia izin sama saya mau makan kalau ada apa apa pencet tombol..

Setelah itu saya pindah deh ke Ruangan saya, disitu saya dilayani dengan baik dengan Semua susternya, dan mereka selalu keruangan mampir untuk memberi tahu bahwa ada pergantian Shift suster. Susternya tidak segan me"Wash Lap" saya pasca operasi secara saya tidak bisa bergerak, tidak jijik juga mengganti pembalut nifas saya, tidak jijik juga mengganti kantung kateter saya. Setiap pagi, siang, malam saya diantarkan obat untuk diminum, lalu mereka cekatan ketika saya minta tolong bedongi dekbay dan membantu menyusui dekbay. Lalu ada satu suster yang marah ketika saya mau memompa dengan pompa elektrik, katanya "dekbay harus nyusu, jangan dikasih sufor kasian bayinya, walaupun belum ada asi, dekbay disuruh tetep kemut PD ibu nya agar menstimulasi asi, sejam kanan, sejam kiri" hehe disitu deh saya kena marah :p.. Lalu mereka membantu saya menimang dekbay ketika ingin menyusui dengan baik dan benar.

Dan ketika saya pulang mereka membantu menuntun saya juga dengan kursi roda.. Hehe pokoknya susternya baik dehh so far..

2. Bangunan
Kalau bangunan ya seperti yang kita tau, Bunda baru saja punya bangunan Baru yang modern dan bagus ya menurut saya. Soal kamar tentu saja bagus.

Saya kemarin pilih yang kelas VIP (Ruangannya besaarr, kl di Hermina VIP nya kecil sempit), ada satu tempat tidur, AC, TV, Lemari, WC nya bagus dll. Tiap pagi ada OB yang sapu dan pel kamar, bersihkan WC dan ambil sampah.

Waktu itu pernah juga saya berkunjung ke teman yang melahirkan dibunda kelas 1, dan ruangannya pun sama bagusnya dengan VIP (Namun tidak sebesar VIP, nah besarnya Kelas 1 Bunda  sama kayak VIP nya Hermina)

3. Makanan
Nah kalau makanannya ini nih yang ga enak hehehe... Seriously bukannya milih milih tapi rasanya hambar. Sarapan nya ada bubur ayam tapi ayam suirnya dikit bangettt -_-, terus senengnya tiap pagi selalu ada bubur kacang.
Terus lauk nya kadang Ayam Semur yang ga enak juga rasanya ga enak wkwkwkwkw. Apa mungkin emang sengaja ya makanannya hambar ? Ga ngerti juga dehh. Tapi ya mama ku dan mama mertua juga rada gimana gitu liat makanannya hehe..

Minusnya :
Lebih ketempat Parkir aja yang rada susah dan kalau jam jengguk anak kecil tidak boleh masuk. Kemarin saya bayar Rp. 30.000 untuk tarif flat selama saya di Bunda (4 hari), yang bisa dipake untuk mobil siapa aja (Keluarga dll) asal harus ditunjukkan karcis nya.
Oia dibelakang Bunda ada kayak kantin (Diluar bunda), disitu jual nasi kuning, uduk, batagor, lauk pauk dan semuanya enak,, kemarin saking saya ga suka sama sarapan disitu saya nitip nasi kuning, rasanya enak hehe..

Mungkin itu dulu penilaian dari saya seputar review Melahirkan di RS. Bunda. Jika ada masukan dari ibu ibu yang sudah pernah melahirkan di Bunda akan sangat membantu. Jika ditanya mau tidak lahiran lagi di Bunda ? Saya sih jawab "Iya". 
 
 
 
UPDATE
Oia, mengingat begitu banyaknya email dan komen yang nanyain biaya, berikut penjelasannya :



Harga diatas belum biaya Obat dan biaya tambahan lainnya, untuk siloam kayaknya kurang valid, karena saya dapetnya juga dari internet. Kalau Hermina dan Bunda saya dateng sendiri ke RS. Semua RS nerima Inhealt dan BPJS. Kalau BPJS dibunda ada kelas khusus (Bukan Utama 1 dst...), Semua free tidak keluar uang, baiknya ada surat rujukan dari dokter faskes pertama, tapi kalau sudah mau berojol ya langsung ke UGD. Kalau di Bunda BPJS harus bukaan 4, kalau belum bukaan 4 disuruh pulang, kalau INHEALT bukaan 2 sudah boleh masuk kamar.

Kalau Hermina pengalaman temen saya, dia pake BPJS dan lahiran Normal, naik ambil kelas VIP,, dan kaget banget masa iya biaya tambahan dia sebesar Rp. 13.000.000,, sedangkan saya kemarin di Bunda pake Inhealt Cesar, ambil kelas VIP, 22 jutaan cuman nombok 4 juta.. Huhuhu,, banyak sih yang bilang kalau Hermina itu mahal :/..

Lalu ada juga temen ku lahiran Juli 2018 ini di bunda harusnya kelas 1 tapi dia naik kelas yang VIP B 25 jutaan (Berarti tabel diatas sudah naik harganya), ibu dan bayi (dia sudah buat bpjs utk bayinya), nah nomboknya 8 juta(Itu posisinya bayi nya sudah ada BPJS ya temen temen)

Semoga bermanfaat ya.. Oia untuk Foto insyallah menyusul ya saya upload :)

UPDATE
kemarin lewat Siloam, ga sengaja ketemu PL untuk melahirkan..



You Might Also Like

54 comments:

  1. Maap nih mom mau tanya, berapa habis biaya melahirkan di RS Bunda? terus disana debaynya dikasih minum susu formula atau disuru ASI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di bunda sepertiny tidak seketat Siloam yang harus ASI banget. Kalau bunda terserah di ibu nya mau kasih susu apa..

      biaya ny sudah saya tulis update di blog ini ya mb lengkap. sy kemarin vip sesar 22 juta,

      Delete
  2. Replies
    1. saya kemarin vip 22 jt
      kl kelas utama 1 19 jt. kelas utama 2 13 jt.
      sudah saya update ya di blog ini biayany

      Delete
    2. BPJS tidak kelluar uang sedikitpun(tmen saya). tapi bukaan 4 baru boleh masuk ruang tunggu mlahirkan, kl bukaan 2 disuruh pulang..

      Delete
  3. di bunda bolehi gak mb melahirkan di dampingin ibu/suami min.1 orng lah kayak charitas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu kemarin malah ditemenin ber tiga lohh mbaa
      sama Mama, mama mertua dan suami (beneran bertiga) tapi suami keluar sihh
      jadi pas mau ngeden ada mama ku dan mama mertua mbaaa..

      Delete
  4. di bunda bolehi gak mb melahirkan di dampingin ibu/suami min.1 orng lah kayak charitas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ak didampingin mama ku, mertua ku,, suamiku juga masuk, tp dia masuk keluar mb, boleh kokk

      Delete
  5. Di bunda anak sendiri boleh masuk g mau liat adeknya lahiran atau liat adeknya
    Dimana anaknya masih kecil usia 3 tahun
    Soalnya dulu BUNDA masih RSIA anak kecil boleh besuk liat anak kecil...
    Takut krn berubah RSU malah anak kecil g bisa liat anak bayi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga boleh mb ketat bgt peraturannyaa,,
      kawan2 aku yang jengguk kemarin terpaksa anaknya ditingal dibawah sm bapaknya, krn ketet bgt ga bole masuk,,

      Delete
  6. Hallo mba.. Mau tanya pas sesar sama dokter putri rapih ga mba jahitannya?

    ReplyDelete
  7. Hallo mba.. Mau tanya pas sesar sama dokter putri rapih ga jahitannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhmdulilah ak sm dok Putri si sejauh ini Rapih,, eh tapi ak juga belum tau ya yang dikatakan rapi dan ga rapi nya diliat dari sisi mana, tp kl jaitan ak si ya lurus bagus2 aja mb, asal kita pake salep terus aja mb , dirawat baik2

      Delete
  8. Asisten dokter yg ngukur tensi kita sama ga dgn pas lahiran nya mba? Soalnya Aku konsul sm dr diah melly, asistennya judes bgt. Bikin sensi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, beda2 mbaaa, ak tiap konsul dan lahiran beda2 ketemu susternya,, kemarin pas konsul dan pas nunggu bukaan bidan, suster, dokter semua ny baik, ramah, membimbing ak baca ayat2, manggil kita sebutan "sayang", harus kuat",, dll,, pkkny enak mbaa,,
      pokokny berdo'a terus mb biar dipermudah dan dipertemukand gn orb baik sll y mba,aaminnn

      Delete
  9. di bunda kalau BPJS hrus ad rujukan dri faskes 1 ya mb ? kalau misal kita langsung ke bunda tnpa ad rujukan bisa gak y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbaa ga perlu pake rujuk2an lagi asal sudah ada bukaan, (wonk dah mau melahirkan itu kan darurat ya mb hehe)
      kl udah bukaan 4 baru BPJS bole nunggu
      kl blm bukaan 4 disuruh pulang mb,,

      Delete
  10. Rs charitas tau gk mbak biaya normal sm ceasar ya

    ReplyDelete
  11. Klu di charitas tau gk mba biaya normal sm ceasar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. temenku bilang kl normal 3 juta, cuman ga tau kelas brp, kelas 1 sc 15 juta temen ku mb,,

      Delete
  12. Wah Mamah ini menceritakan tentang rasa takut menjelang persalinan sampai viral di sosmed. Statusnya sudah disukai dan dibagikan sampai lebih dari 2000 orang.

    ReplyDelete
  13. Mba berapa hari di bunda?
    Klo malem bayi nya in room sama kita gak?
    Atau di ruang bayi?
    Aku masih bingung mau ke hermina tp mahal bgt pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. terserah kita minta se room atau tidak mb,
      kykny hermina mahal hehe,soalny temen pke bpjs upgrade kelas VIP (normal lahirannya) masa iya kena 13 juta, hehe

      Delete
  14. Bunda d rs bunda bisa usg 4d ga ya??

    ReplyDelete
  15. Mbak kalau d rs bunda bisa usg 4d ga ya?

    ReplyDelete
  16. Mb pakek inhealt apa ? Kelas berpa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kelas Gold itu dpt kelas 1, tp saya upgrade kelas VIP mb (jadi nombok lg)

      Delete
    2. nombok brp mbak?

      Delete
  17. Berapa hari mbg dibunda normal/secar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal rasanya 2-3 hari, tp kl cesar paketnya 4 hari mb

      Delete
  18. Di bunda berapa hari mbg normal/secar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tmen ku normal 2-3 hari, ak sesar 4 hari mb

      Delete
  19. Halloo kak tiara.. nanya dong kak. Kalo di bunda misalny kita cuma 1x kontrol disana selama hamil dan waktu melahirkan mau pake BPJS bisa nggak ya kak tanpa harus ada rujukan ? Mohon info nya.. tks kak 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bgt mb, lgsng dtg aja ke UGD bunda, nanti dilihat sudah bukaan brp, kl masibukaan 2 disuruh pulang, kl INHEALT bukaan 2 lgsng masuk ruangan, kl BPJS nunggu bukaan 4, ga perlu lg surat rujukan mb

      Delete
  20. Syarat nya apa aja klo misal udh bukan 4 trs kt gk sempet mnta surat rujukan ke faskes? Trs mengenai biaya grts semua mbk? Dri biaya melahirkan, obat serta inap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl sudah bukaan 4 lgsng aja ke ugd ga usa pk surat rujukn2 lg. Semua geratis kl kmu pk bpjs/inhealt sesuai spek kelas asuransi kamuz. Kl ak kmrn upgrade vip dr kels 1 nombok 4,5 jt. Kl asuransi kamu dipake sesuai kela, misal kamu kelas 1, lalu masuk kelas 1 ya ga bayar ap2

      Delete
  21. Mb kalo di bunda untuk pasien bpjs, bisa minta req obat benang perban yg paten ga dg tanggungan biaya pribadi? Di hermina info nya tidak bisa y mba walau tambah pakai biaya pribadi, obat benang perban dll, kalo bpjs tetap pakai sesuai standar bpjs? Benar begitu y mb? Mohon info ny mb, mksh mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak maf utk yg itu sy kurang tau sebab sy pure pk inhealt jd g tau ap2 bpjs. Kl inhealt dpt yg bagus beda dgn bpjs mbak. Cb mbak ke bunda tanya CS nya biar jelas, dan kabari sy y mbak biar sy update blog ini

      Delete
  22. Mba tnya biaya cek kandungan di rs bunda rata2 brp ya. Hee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 350 rb mb usg dan dokter,, lebih lengkap bca di link ini

      https://oktiaradwindahh.blogspot.com/2017/01/dokter-obgyn-di-palembang-yang-pernah.html

      Delete
    2. Mb,
      Yang dibawa apa aja untuk persalinan di Bunda. Please liatnya...

      Delete
  23. Mb, kalo anak pertama ikut nungguin atau tidur jg di rs bunda bisa gk y? Karna gk ada yg jaga kl drmh pas lahiran nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunda ga boleh bawa anak bayi mb masukk, bener2 ketat ga bole ad bayi. ak juga binggung nanti anak ku yg pertama juga gmn nasibnya kl saya lahiran adek nya hehehe...

      Delete
  24. Mb persiapan yang dibawa apa aja ya untuk persalinan di Bunda. Tolong dirinci, please...

    ReplyDelete
  25. Mb, tolong rinciin list persiapan lahiran di Bunda dong. Please

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada persaiapan apa2 mb, pkkny kl uda bukaan sakit2an lgsng ke UGD,lalu bawa ktp dan BPJS/asuransi surat menyurat mb, lalu seluruh perlengkapan sudah dikoper (saya menyiapkan ini dari hamil bulan ke 8) jadi pas sakit tinggal bawa aja mb

      Delete
  26. Mb, perlengkapan persalinan yang dibawa apa aja. Tolong listnga dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia yaaa saya kelupaan,, hehe kl utk bayi bisa lihat dsni
      http://oktiaradwindahh.blogspot.com/2017/02/list-daftar-perlengkapan-bayi-newborn.html

      kl utk kl persiapan yg dibawak utk persalinan(khusus ibu) :
      - Korset ibu, baju tidur ga usa krn dpt dr bunda, sarung ibu 4 buah utk ganti2, softex utk darah nifas 2 dus, bh menyusui, celana dalam ukuran XXL,handuk,

      lalu utk ayah
      -Baju tidur, baju sehari2, sarung, daleman, toiletries, handuk

      lalu utk bayi
      -Baju bayi (baju tidur, singlet, celana dalam, pempers),bantal bayi, sarung kaos kaki tangan, selimut, pompa asi, botol dot bawak lah 3 biar ga payah cuci cuci,

      apalagi ya / kykny ada yg kelupaan, nanti ak inget2 dulu yaa

      Delete
  27. Mb, usia kandungan saya baru 6 bulan, saya mau usg di bunda, yg pastinya kita umum dl kan, nah apakah setelah umum pas mau melahirkan kita bisa pindah le bpjs. Mohon pengetahuan nya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bgt, pokoknya pas sudah bukaaan n mules2, lgsng ke IGD, bawa kartu BPJS dll nya mb

      Delete