Personal Life,

Perkembangan Bayi ku Umur Empat Bulan - Imunisasi DTP dan PCV

8/07/2017 02:46:00 PM Oktiara dwindah 0 Comments


Mengacu pada Web Klinikbayi.com usia Empat bulan adalah seperti ini :

Jenis KelaminWanita
Usia Anak4 Bulan
Tinggi badan optimal 
Rentang
62
(58 – 68) Cm
Berat badan optimal 
Range
6.4 kg
(5 – 8.7) Kg


Ukuran rata-rata lingkar kepala bayi ketika lahir adalah 41-42 cm. 
Alhamdulilah kemarin pas Imunisasi, Qeena beratnya 65 Kg, dan Tinggi 62 CM.. Pas sekali dengan berat Optimal / rata rata bayi seusianya.. 



Udah bisa ngapain aja?

Pertanyaan klasik yang ditanya setiap orang kalau saya ketemu temen... 
1. Udah bisa muterin Kepalanya, jadi kalau dulu kan kepalanya ngadep depan doang, sekarang udah bisa muter kanan kiri
2. Bisa menggengam benda, misal kalau ngedot mau megang, mainan nya dipegang
3. Sekarang kalau ketawa bisa ngakak loh :p Jadi mak nya seneng bangetttt
4. Sekarang (4,5 bulan) sudah bisa tengkurep sendiri tanpa bantuan siapa pun, nah kata Mama ku, nanti bisa juga balik guling sendiri lagi mungkin 5-6 bulanan.
5. Sekarang udah bisa ngegigit !!!! Ahh Help,, walaupun dia belum ada gigi, tapi pas lagi Nyusu sakit jugaaa digigit :(
6. Kepala sudah bisa tegak sempurna tanpa dipegang lagi
7. Kalau digulingin ga mau, maunya digendok berdiri dehh,, Terus kalau lagi guling, itu kepalanya ngangkat ngangkat keatas seolah olah mau berdiri, owalaahh nakk, masih kecil lohh :))))
8. Kalau dulu bangun semalam dua kali , jam 1 malam dan jam 4-5 Subuh, kalau sekarang bangunnya jam 3 Malam, dan subuh,,
9. Sekarang jarang bobo,, duhhh pokoknya bobo nya ngikutin orang dewasa deh?, paling bobo bentar siangnya..
10. Eh bobo nya ngorok loh ya hihihi....
11. Nyusu nya udah nambah kuat nih anak,,





IMUNISASI:
Imunisasi Bulan ke Empat Qeena kali ini adalah :
1. Satu suntikan DTP (Tidak demam), yang didalam satu suntikan sudah menggandung : DTP, Hib dan hepatitis. Harga suntikan Qeena saat itu adalah Rp. 1.000.000 - Disuntik oleh Dr. Andra, biaya Dokter Rp. 125.000
2. Tetesan Rotavirus. Harga nya adalah Rp. 300.000
3. Lalu seminggu setelahnya, Qeena imunisasi lagi PCV. Harganya Rp. 900.000
4. Nah untuk bulan ke 5, Tidak ada lagi imunisasi..

Nah, sampai ketemu lagi ya dengan liputan si Qeena Usia 5 Bulan :D

0 komentar:

Personal Life,

Baby Blues Syndrome

8/07/2017 02:45:00 PM Oktiara dwindah 0 Comments

Dilangisr dari Tipsbayi.com definisi Baby blues syndrome adalah



Apa Itu Baby Blues Syndrome? Apa Bedanya Dengan Postpartum Depression?

Baby Blues Syndrome, atau sering juga disebut Postpartum Distress Syndrome adalah perasaan sedih dan gundah yang dialami oleh sekitar 50-80% wanita setelah melahirkan bayinya.
Aneh memang… perasaan senang menanti-nanti kelahiran sang buah hati, ternyata pada sebagian ibu bisa berubah menjadi depresi, setelah proses kelahiran bayi.

Baby Blues Syndrome masih tergolong ringan dan biasanya berlangsung hingga 2 minggu. Jika Anda mengalaminya lebih dari 2 minggu, bisa jadi itu adalah Postpartum Depression dan sebaiknya  Anda berkonsultasi dengan dokter Anda…

Beberapa Gejala Kasus Baby Blues Syndrome

  1. Menangis tanpa sebab yang jelas
  2. Mudah kesal
  3. Lelah
  4. Cemas
  5. Tidak sabaran
  6. Enggan memperhatikan si bayi
  7. Tidak percaya diri
  8. Sulit beristirahat dengan tenang
  9. Mudah tersinggung
Jika setelah melahirkan Anda mengalami berbagai kondisi dan perasaan di atas, maka besar kemungkinan Anda sedang dilanda Baby Blues Syndrome
Entah kenapa tiba tiba pengen ceritain pengalaman Baby blues yang menimpa saya, mungkin bisa jadi pelajaran untuk ibu baru dan muda diluar sana, mungkin juga bisa sharing apakah kita merasakan hal yang sama? Ciee ellaaahhh Hahaha...


Okay, pada awalnya saya fikir baby blues itu adalah perasaan cemburu dengan anak, karena biasanya orang orang sekitar kita perhatian dengan kita (apalagi waktu lagi hamil), menjadi tidak terlalu terfokus perhatian dengan kita, karena fokus perhatiannya adalah si Dekbay,,,
Namun, seiring berjalanan waktu, pemahaman Baby blues syndrom itu lebih ke perasaan Depresi seorang ibu, atau tidak Percaya diri, atau merasa tidak mampu, mengurus dan membesarkan Anaknya,, Apalagi kalo asinya cuman Seuprit,,, buwahhhh,,, terjadi dengan saya nih.. Padahal awal Hamil udah yakin bener dan PD kalau ga bakal Baby blues, ga bakal cemburu dll,, Ehhh rupanya,,, I knew how the baby blues syndroms feel like..


Terus saking stresnya, saya curhat ke suami sambil mewek, saya curhat kayaknya saya ga mampu ngurus anak, beneran sambil mewekk, sambil melukin dia, sambil mewek, sambil mata kayak ga ada fokus pandangan, dengan mata berkantong dan bekas jaitan yang masih terasa perih,, duhh derita banget duluuu rasanya,, tapi dia support saya dan memberikan saran yang menentramkan jiwa,, 


Pada hari pertama kami pulang dari Rumah Sakit, tiap malem, sejam sekali pasti Qeena nangis, mana ASI masih sedikit, dan nyusuinnya sambil digendong/duduk, nah pas dia sudah tertidur, saya kan mau naruh kembali ke tempat tidur nya Qeena, ehhh dia nya bangun :(, eh nangis lagi teriak teriak :(,, saking stresnya pas Qeena bangun dan mau nyusu, saya ga PD sama ASI saya kayaknya sedikit, jadi pas dia nangis, eh saya nya mompa,, duhh kayaknya ribet dan jadi linglung, dia nya nangis, eh sayanya kok mompa ya? Kayaknya ga nyambung gitu rasanya ga singkron nih otakk!!! Dahh hampir dua minggu mata saya bengkak dan stress tiap mau tidur. Nambah stress lagi pas Suami saya kelar cuti dan harus balik lagi ke Jambi, disitu tiap malam saya was was takut, ibaratnya "menderita" seorang diri tanpa suami.. Duhhhh :(



Pada saat itu saya merasa tidak mampu punya anak, ngebesarin anak, pokoknya kalau sudah jam 9 malem dan saya liat jam, itu ada "momok tersendiri", kayak perasaan takut, was was,, duhh beneran deh terjadi hampir 1 bulan (Karena saat itu saya nyusuin sambil gendong/duduk), jadi sambil nyusuin sambil mejem melek ni mata, terus saking stresnya tiap jam 9 malem pas mau tidur saya sediakan dot isi asi (Duhh saking susahnya mau nyusuin sambil gendong/duduk)..


Ternyata saya salah, harusnya saya nyusuin sambil tidur,, nah karena mm dan mm mertua sempet sedih juga liat saya capek gitu, akhirnya saya belajar nyusuin sambil tidur,, badan saya ngadep samping, badan bayi juga sehadepan (jadi kayak perut ketemu perut),,
terus seiring berjalan nya waktu, alhamdulilah asi saya mulai banyak ?(seminggu setelah melahirkan),, jadi bisa dibilang saya baby blues nya selama 3 minggu, selebihnya udah enjoy banget, ga ada lagi perasaan takut waktu mau tidur, mata sampe berkantong kantong,,



Jadi sekarang kalau bangun, tinggal sodorin tuh PD, terus bayi nyusu sambil guling, kita juga guling.. Nahh perlahan lahan rasa baby blues itu hilang, saya jadi Percaya diri, nah usia Qeena dua bulan, sayanya enjoyyyy bangett, happy banget, pokoknya kalau nangis tinggal sodorin PD.



Tiap ibu berbeda beda pengalaman baby blues nya,, ada yang stress ketakutan kalau mau tidur seperti saya, ada juga yang cemburu, pokoknya beda tipenya,, dan rasanya itu beneran ga enak banget,, masa iya tiap liat jam kalau udah jam 9 malem, mau pindah dari kamar mama ke kamar saya itu ketakutan luar biasa,, rasanya tuh pengen " Maaa,, Qeena tidurnya sama mama aja ya", haha saking takutnya..



Ternyata setelah diamati, kita harus cari tau apa yang salah? Kenapa jadi takut? Apa solusinya?.. Lalu setelah saya cermati, cara saya menyusui anak yang salah (sambil duduk/gendong), jadi takut karena tiap mau nyusuin kitanya sambil mejem melek ngantuk dan ketika si dekbay mau dipindahkan ketempat tidur, dia nya ehh malah bangun dan nangis. Dan terakhir, apa solusinya? Yaitu solusinya adalah belajar menyusui sambil guling dan finally it works.. I did it... Dan rasa baby blues itu pun hilang seiring berjalannya waktu..



Kesimpulannya, find what is your problem? Why it becomes a problem ?, and how to solve the problem ?,, Hopefully it helps you...

0 komentar: