Parenting,

Perkembangan Bayi ku Umur Tiga Belas - Tujuh Belas Bulan (1 tahun - 1,5 tahun)

9/05/2018 04:35:00 PM oktiara dwindah 0 Comments

Jenis KelaminWanita
Usia Anak15 Bulan
Tinggi badan optimal 
Rentang
(79- 82cm) Cm
Berat badan optimal 
Range
(11.4 - 12.9kg) Kg
Kadang, kalau saya lagi duduk santai sambil lihatin Anaku lagi main atau nonton, kadang mikir, kok waktu cepet banget ya berjalan ? Sekarang dia udah lincah banget, main kesana kesini, lari lari, teriak teriak, dan tepat tanggal 30 Agustus 2018 itu pertama kalinya Qeena manggil saya "Mama"... Aduhhhm,,,, hati ibu mana yang ga lelehhh, beneer ternyata kata ibu saya, ibu pernah cerita katanya momen yang paling bahagia itu selain dia menyusui sambil merintil anting/kuping/kancing baju kita, yaitu juga ketika dia memanggil kamu sebutan mama untuk pertama kali.. Hahh,,, mewek abis saya siang itu.. Jadi ceritanya saya baru pulang dari kantor, lalu saya keatas mau ganti baju, eh dia teriak ga mau ditinggal katanya " Mam maaa, mam maaaa, mam maaa,," Haaaa, detik itu juga saya meleleh mau nangis hahaha...

 
 
 
 
 
Lalu selanjutnya, usia 17 Bulan, Qeena udah tumbuh banyak gigi, taring sudah keluar, graham atas dan bawah juga sudah tumbuh, jadi semakin tegas saya untuk harus sikat gigi walapun dia nya kadang suka marah klo sikat gigi,, tapi kan ini untuk kebaikan mu nak !!! Mau apa ompong ? hahah...
 
Sekarang kalau ga suka dia bakal bilang "No.. No,, No,,",, kalau dia suka dia teriak teriak mau barang tsb, haduhh pokoknya udah besar lah ya hahaha.. Lalu cara saya mendidik anak saya berbeda,  Saya berbicara dengan Qeena dengan bahasa inggris. English as Bahasa ibu for me and Qeena, whereas Bahasa Indonesia as Daily Language for her with her family. The aims are to practicing both for me and for Qeena also i preparing her skills from now. In 2018, all job requirements shall have at least 450 Above for Toefl Score, can you imagine in our kids's era ? Let's say in 2030,,, i believe that everyone speaks english fluently..
 
Dan dia sudah mengerti bahasa inggris, misal saya main kelitik kelitik atau ciluk baa yang buat dia tertawa terpingkal pingkal, terus nanti dia minta dikelitikin lagi  dia bilang "Moreee, sambil telunjuknya naik satu", maksutnya artinya one moreee alias nambah lagi dong maaahhh, kelitikin lagi dong mahh hahahha.... terus banyak juga perintah bahasa inggris yang dia mengerti, misal saya suruh kekamar nenek, suruh masuk kedalam dll, dia dengan mudahnya ngikutin,,, semoga seterusnya yah Nak...

 
 
 
 
 
Terus seumur umur (1-1,5 tahun) ini dia sudah 2x imunisasi, yaitu diumur setahun (Imunisasi PCV dgn pilihan prevenar Rp.850.000 dan 17 bulan kemarin imunisasi MR (Rp. 150.000) di RS. Bunda Palembang. Terakhir nimbang beratnya 11,6 Kg, dan ini masuk katagori ideal, tapi saya udah ga sanggup lagi gendong si bayi berat amat hahaha...
 
Kalau soal makan sekarang sudah puree kayak orang tua, tapi saya masak terpisah karna hanya pakai Garam saja dan hampir tiap hari saya selalu masak masakan berkuah dengan minyak Olive oil karena agar si anak lebih mudah menelan, dan selalu ada Protein hew, Pro Nab dan sayur yang tidak pernah tinggal. Dan sekarang saya selalu kasih finger food kayak jamur/kentang/tahu/tempe goreng dipotong panjang agar bisa ditaruh ditangan sambil saya suapin nasi


 
Sudah bisa apa aja ?

Yang pasti sudah bisa lari lari, kalau suka atau tidak suka sudah bisa di ekspresikan, sudah bisa manggil mama, atau No no kalau dia tidak suka, dan kalau kita ngomong dia sudah bisa mengikuti nya, Sudah bisa mengucapkan lebih banyak kata atau kalimat meskipun belum terlalu jelas, Membungkuk untuk memungut mainan kemudian berdiri kembali, Bisa memegang sendok sendiri dan belajar makan sendiri, Bisa duduk dikursi sendiri, Mulai mengenal anggota keluarga.

Okay, demekian certia mama nya Qeena tentang pertumbuhan baby Q selama 5 bulan terakhir, semoga Q sehat selalu dan jadi anak ceria dan membanggakan.. Aaamiinn




0 comments: