Hobbies,

Review Bandara HKIA (Hongkong International Airport)

5/23/2016 02:10:00 PM Oktiara dwindah 0 Comments

Kalau banyak orang bilang Changi Airport itu keren, bagi saya pribadi HKIA jauh lebih keren. Tidak salah kok Si Skytrax saja menominasi HKIA jadi yang terbaik, begitu juga Changi, tapi bagi saya HKIA jauh lebih membuat saya norak dibanding Changi.



Oke dimulai dari pertama kali saya menginjakkan kaki di Bandara HKIA. Karpet bernuansa Biru kotak bercampur dengan Biru muda membuat mata saya segar setelah tertidur pada penerbangan hampir 5 jam, rasanya sedikit norak, karpetnya bagus bangeeeetttttt :D


Setelah sampai, kalian harus menuju Imigrasi terlebih dahulu lalu baru menggambil bagasi jika ada, begitu saya tiba, saya harus turun mengunakan eskalator lalu mengunakan Automated People Mover, lalu berpindah ke imigrasi Hall. Awal nya saya binggung, penunjuk panah mengisyaratkan kami ke imigrasi, turun kebawah, pas turun ke bawah kok ada kereta ? Saya baru ingettt, saya sempet baca ttng Automated People Mover, lalu masuklah kita kedalamnya (geratis) untuk berpindah hall (foto dibawah ini)









Sebelum menuju Imigrasi, kita foto dulu ya :D

Setelah turun dari Automoated People Mover, kita harus mengisi arrival card (Seperti foto diatas) lalu baru deh menuju Imigrasi (Foto diatas)




Setelah selesai proses imigrasi, saya menuju baggage claim, cara lihat kita ada di baggage clam nomer berapa yaitu lihat di Monitor yang menuliskan nomer penerbangan, pesawat dan gate Baggage Clam kita. Setelah koper sudah ada ditangan, jangan lupa beli octopus card, begitu keluar  dari imigrasi baik di Hall A & B terdapat counter "Airport Express MTR" seperti foto dibawah ini, cara lihat kita da di Hall A or B yaitu lihat saja ke atas, nanti ada tulisan besar A dan B..





Setelah keluar dari HALL B, saya mengikuti saja petunjuk tulisan "BUS" ikutin aja pokoknya gampang, sampe ketemu ujung dari tanda BUS, yaitu seperti foto dibawah ini, kita menggunakan bus A21, ikutin saja petunjuk letak BUS A21 itu dimana.












Diatas adalah suasana HKIA ketika saya baru datang, sedangkan foto dibawah adalah suasana HKIA ketika saya akan berangkat. Nah kalau berangkatnya justru lebih ribetttt lagiii ...

Jadi, HKIA memiliki dua terminal yang dibagi menjadi sebagai berikut:

Terminal 1 = 
Lvl 3 = 
Lvl 5 = Airline transfer / arrival
Lvl 6 = Depature
Lvl 7 = Imigration

Terminal 2 = 
Lvl 3 =
Lvl 5 = Cek in Low cost Carier disini
Lvl 6 = Entertainment

Jadi Terminal 2 ini difungsikan hanya untuk CEK IN LOW COST Airline saja macem Tiger air, Air Asia dll, saya kemarin ke Terminal 2 hanya untuk Cek ini (saya menggunakan Tiger air), setelah cek in dan drop bagasi, saya melakukan refund Octopus saya di lantai yang sama (bisa tanya informasi dimana letak refund octopus), setelah refund, saya solat di prayer room yang letaknya disebelah sevel (dilantai dan area yang sama berdekatan).

Setelah urusan cek in selesai, saya naik lift untuk pindah ke Terminal 1. Kalau binggung, lihat saja nanti sign tulisan Terminal 1. Setelah itu naik ke Level 7 untuk Imigrasi (Imigrasi untuk semua penerbangan ada disini). Saat itu saya kebinggungan, saya kan ada di Terminal 1, Gate saya adalah gate 209, yang letak nya di Midfield Concourse (lihat foto dibawah ini) saya kira saya harus menuju Midfield concurse itu dilantai yang berbeda, rupanya saya salah, begitu saya sudah di terminal 1, sudah di level 7, saya harus masuk imigrasi, setelah imigrasi, barulah saya turun satu lantai menggunakan eskalator dan naik Automated people mover lagi  (lihat yang saya lingkari) lalu stop di Gate 209 (Nanti ada keterangannya, kita harus stop di regional gate berapa), dikarenakan gate saya adalah 209, maka saya begitu naik Automated people mover, nanti ada keterangan kita harus stop dimana (sesuai dengan gate),, oke Paham?


Beda lagi dengan kamu yang nanti dapet Gate 500 an, -Passenger boarding at gates 501-510 can take free shuttle buses from Terminal 1 to North Satellite Concourse. Tuh lihat foto diatas, untuk ke North Satelite harus naik Shuttle bus bukan Automated people mover seperti layaknya yang dapet gate 200an. Ribet ??? Iya banget, tapi justru seru, saya mengetahui hal ini ketika saya bertanya dengan Informasi disana, namun saya gagal paham bahasa inggris dengan dialek Cina, mereka bilang Train itu deinn ?? What the hellll is that ? lalu saya bilang "What's deinn ? please write it down!?, terus dia tulis Train,, oohhh waalaaahhhh, saya ga mudeng, orang cina kalau ngomong T itu D, begitu juga kalau D itu Ti -__-....


 


Setelah perjalanan panjang, sampe lah saya dan suami di regional gate  201 - 230...





Perjalanan berliku, begitu keluar dari automated people mover, harus naik eskalator lagi, berkali kali, ada mungkin 3 kali eskalator, duhh pokoknya saya sarananin kudu bangetttt,,, 5 jam sebelum berangkat sudah ada disini yaaa, dari selesai Cek in hingga ke Gate kita bisa sejam an lebih ya :o




 Suasana di dalam Automated People Mover




Oia, setelah tadi saya imigrasi, saya sempet melipir ke Popeyes, suami ku laper banget kasian :(
Popeyes is the only halal restaurant in HKIA,, 

Oia prayer room letaknya disini:

Location      :Level 7, Check-in Hall, near Aisle A, Terminal 1 (non-restricted area)
Service Hours :05:00 - 24:00

Location      :Level 6, near Gate 42, Terminal 1 (restricted area)
Service Hours :24 hours

Location      :Level 5, Check-in Hall, near Aisle N, Terminal 2 (non-restricted area)
Service Hours :05:00 - 24:00
Saya kemarin solat disini, begitu Cek in, langsung kesini,, deket dengan Aisle N, Alias tempat cek ini di aisle N (Ada tanda N huruf besar)

Location         :Level 5, near Gate 501, North Satellite Concourse (restricted area)
Service Hours :24 hours

Location         :Level 6, near Gate 211, Midfield Concourse (restricted area)
Service Hours :24 hours





 Entertainment and the other facilities.

  1. Golf - The Sky City Nine Eagles Golf Course is near Terminal 2. Equipment rental is available. Getting there: a shuttle bus departs from Terminal 2, Gate 18
  2. IMAX Theatre - Location: Terminal 2, Landside, Level 6, entertainment zone. Hours: 11:00AM - 10:00Pm
  3. i-Sports - i-Sports offers various sports simulators such as soccer, basketball, golf, boxing, skiing, car racing, shooting. Location: Terminal 2, Landside. Hours: 11:00AM - 9:00PM.
  4. Miniature Gardens and Resting Lounges - Relax in comfortable chairs amidst some greenery. Departures Level near Gates 21, 34, 41, and 61.
  5. Mobile Charging - More than 1,300 charging points are available throughout the airport. Don’t forget your adaptor - 3-rectangular-pin fused plug rated at 13A.
  6. Pharmacy - Mannings has 9 locations in Terminals 1, 2 and the SkyPier - both landside and airside.
Luggage storage / Lockers

  1. Terminal 1 - Hours: 5:30AM - 1:30AM. Rates: HK$ 40 (3 hours) | HK$ 55 (3-24 hours) | HK$ 130 (24-48 hours). Location: Level 5, Arrivals Hall
  2. Terminal 2 - Hours: 9:00AM - 9:00PM for screening | 24 hours for retrieval. Rates: HK$ 20-30 (4 hours) | HK$ 30-40 (each 12 hours). Location: Level 3, Shop 001

Itulah tadi seklumit cerita tentang HKIA, jadi intinya, kalau Terminal di HKIA itu ada dua, yaitu terminal 1 dan terminal 2. Terminal 2 hanya untuk Cek in saja (khusus low cost airlines), sedangkan imigrasi dan Gate semua ada di terminal 1. Pake lift untuk pindah ke Terminal 1 (Lihat saja sign yang ada diatas plafon), terus cara menuju gate itu lihat foto seperti diatas, kalau dapet GATE 200an pake Automated people mover pindahnya, tapi kalau GATE 500an , pke free shuttle bus.. Intinya ga usah binggung karena semua jelas banget. Eh tapi ada baiknya nyari info dulu ya seperti yang saya lakukan, biar ga binggung banget.. Satu lagi,, banyak sekali counter informasi kalau kalian butuh info, yaa cuman itu harus ngerti dengan bahasa inggris dengan dialek cina yang bikin binggung..

Dan satu lagi, ada baiknya kesini 5 jam sebelum berangkat yaa, apalagi kalau ini adalah ur first time coming here.. Karena letak cek in ke gate itu jauh banget :(. Hihi,,, satu kata yang bisa saya ucapkan karena terkesan akan eloknya dan hebatnya bandara HKIA yaitu AMAZING !!!, semua serba keren, mudah,,, yang bilang changi lebih bagus ? wahh saya ga setuju, menurut saya changi hanya menang karena berkarpet,,, teteppp HKIA juara dihati saya,,,, eh tapi Changi emang travel friendly, letak gatenya deket.. Kalau hongkong, ada kali 1 km jalan kesana nyaa.. Ehh tapi satu lagi, dibawa happy yaaa :D 

You Might Also Like

0 komentar: